Peningkatan Efektivitas Belanja Desa Jadi Sasaran Pelatihan P3PD

Kota Gorontalo, MEDGO.ID – Direktorat Jenderal Bina Pemerintah Desa Kementerian Dalam Negeri bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dukcapil-PMD) Provinsi Gorontalo kembali menggelar pelatihan Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD). Pelatihan yang sudah berlangsung dari 20 September 2023 itu sudah memasuki angkatan ke IV.

“Pelatihan P3PD bertujuan untuk meningkatkan efektivitas belanja desa, karena inilah salah satu penyebab pembangunan desa belum berjalan optimal,” kata Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Budiyanto Sidiki, saat memberikan arahan kepada peserta pelatihan P3D angkatan IV di Hotel Elmadinah, Kota Gorontalo, Rabu (11/10/2023).

Budiyanto mengungkapkan, rendahnya efektivitas belanja tersebut disebabkan oleh banyaknya aparatur desa yang belum terlatih. Menurutnya, kondisi itu memerlukan perbaikan kualitas perencanaan dan penganggaran di tingkat desa yang diwujudkan melalui peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan desa.

BACA JUGA :  Pelukis Difabel Kolaborasi dengan Mastro Lukis

“Melalui pelatihan ini diharapkan adanya peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan desa yang mengarah pada keselarasan dalam proses perencanaan dan penganggaran untuk memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat,” imbuhnya.

Pelatihan P3PD di Provinsi Gorontalo direncanakan akan dilaksanakan hingga delapan angkatan untuk 497 desa dengan total peserta sebanyak 1.988 orang. Progres pelaksanaan pelatihan hingga angkatan III sudah diikuti oleh 288 desa dengan jumlah peserta 1.122 orang.

BACA JUGA :  Pemprov – PMI Gorontalo Gelar Pagelaran Seni Budaya untuk Palestina

Terdapat tujuh jenis pelatihan P3PD yaitu pelatihan penetapan dan penegasan batas desa, pelatihan aparatur desa dasar, pelatihan penguatan BPD, dan pelatihan penguatan kerja sama desa. Ada juga pelatihan penguatan PKK, pelatihan pembuatan Posyandu, serta pelatihan penguatan lembaga kemasyarakatan desa.