Bulan Mei, Menteri Pertanian Hadiri Panen Raya di Pohuwato

POHUWATO, MEDGO.ID – Minggu ke empat Bulan Mei, Menteri Pertanian Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, M.P, akan hadir untuk melihat langsung lahan pertanian padi sawah sekaligus menghadiri acara panen raya di Desa Padengo, Kecamatan Duhiadaa, Kabupaten Pohuwato.

Hal tersebut disampaikan langsung Bupati Pohuwato Saipul A. Mbuinga dalam undangan yang didampingi Kadis Pertanian Pohuwato, Kamri Alwi, di ruang kerja Menteri Pertanian RI, Jum’at, (17/05/2024).

Dalam undangannya, Bupati Saipul menyampaikan bahwa kegiatan panen raya ini merupakan wujud syukur atas hasil panen dan sebagai bentuk apresiasi kepada para petani yang telah bekerja keras dalam mengelola pertanian di daerah tersebut.

BACA JUGA :  Siap-siap! KPU Pohuwato Akan Turun Mengecek Data Pendukung Bapaslon Perseorangan

“Kami berharap kehadiran Bapak Menteri dapat memberikan semangat dan motivasi lebih kepada para petani di Pohuwato, serta memberikan dukungan langsung terhadap program-program peningkatan hasil pertanian di daerah kami”,ujar Saipul.

Selanjutnya, Bupati Saipul juga menyampaikan permasalahan belum optimalnya Bendung Randangan karena belum memiliki saluran pembuang. Bendung yang dibangun pada 2016 itu nantinya bisa mengairi kurang lebih 9.000 Ha lahan. Dan dari 2.000 yang tercetak baru ada sekitar 400 sekian yang bisa ditanami, itupun hanya mempergunakan saluran alami.

“Ia, kalau sudah dibangun saluran pembuang, maka potensi lahan yang 8 ribu sekian itu bisa termanfaatkan. Kemudian juga ada 6 ribu sekian haktare itu untuk perluasan daerah tanam, itu bisa dipompanisasi bersama TNI dalam rangka percepatan penambahan areal tanam. Hanya saja permasalahannya pada saluran pembuang yang belum terbangun”,jelas Bupati Saipul.

BACA JUGA :  Pemkab Batu Bara Gelar Pisah Sambut Penjabat Bupati Batu Bara

Pihaknya berharap kiranya permasalahan bendung Randangan bisa mendapat perhatian dari Kementerian Pertanian dan bisa dilakukan peninjauan langsung. Karena bendung Randangan yang dibangun pada 2016 itu ada kewenangan masing-masing, seperti kewengan pemerintah pusat sekitar 8.096,8 Ha di Randangan.

“Disamping peninjauan bendung Randangan, Pak Menteri juga itu bisa melakukan panen raya padi sawah pada areal 1.200 Ha lahan padi sawah di Kecamatan Duhiadaa pada akhir Mei.

BACA JUGA :  Sat Samapta Polresta Gorontalo Kota Bantu Warga Yang Terdampak Banjir

Terkait undangan tersebut, Menteri Pertanian, Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, M.P, menyatakan rasa bangganya atas keberhasilan yang dicapai oleh para petani Pohuwato. Ia menegaskan komitmen pemerintah pusat untuk terus mendukung daerah-daerah yang memiliki potensi besar dalam sektor pertanian.

“Kami juga berterima kasih atas undangan dari Kabupaten Pohuwato, semoga saja pada panen raya itu kami bisa hadir, sehingga bisa melihat langsung hasil pertanian khususnya di sektor padi sawah yang ada di Kabupaten Pohuwato. Terkait bendung Randangan, kami akan segera berkoordinasi ke Menteri PUPR”,ungkapnya.