Penjabat Sekdaprov Gorontalo Beri Arahan Peserta P3PD Angkatan IV

Kota Gorontalo, MEDGO.ID – Pejabat Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Budiyanto Sidiki, memberikan arahan kepada peserta pelatihan Program Penguatan Pemerintah dan Pembangunan Desa (P3PD) Angkatan ke-IV, di Hotel El Madinah, Rabu (11/10/2023). Kegiatan yang diinisiasi oleh Direktorat Jenderal Bina Pemerintah Desa Kementerian Dalam Negeri tersebut telah berlangsung sejak 20 September 2023 dan telah menyelesaikan pelatihan untuk tiga angkatan.

Budiyanto menyebut saat ini pembangunan desa masih belum optimal dan menghadapi berbagai hambatan dan tantangan. Oleh karena itu, ia mengarahkan agar peningkatan serta keselarasan dalam proses peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan desa dapat terus diperbaiki, salah satunya melalui pelatihan P3PD ini.

“Program P3PD diharapkan dapat mensinergikan peran pemerintah pusat dan daerah untuk meningkatkan kapasitas pemerintah desa agar lebih kuat, maju, mandiri, dan demokratis. Saya juga ingin mengajak kita semua untuk menjalankan seluruh proses penyelenggaraan pelatihan agar terlaksana sesuai pedoman dan ketentuan yang ada,” tutur Budiyanto.

BACA JUGA :  Penjabat Bupati Batu Bara Heri Hadiri Rakornas KPK RI

Terdapat tujuh jenis pelatihan P3PD yang akan diberikan kepada seluruh aparatur pemerintah dan pengurus kelembagaan desa. Terdiri dari pelatihan penetapan dan penegasan batas desa, pelatihan aparatur desa, pelatihan penguatan BPD, dan pelatihan penguatan kerja sama desa. Ada juga pelatihan penguatan PKK, pelatihan pembuatan Posyandu, serta pelatihan penguatan lembaga kemasyarakatan desa.

Berdasarkan laporan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dukcapil-PMD) Provinsi Gorontalo, Zukri Suratinojo, pelaksanaan pelatihan P3PD dari angkatan I hingga III telah diikuti oleh 288 desa dari 497 desa yang menjadi sasaran di Provinsi Gorontalo. Sedangkan jumlah peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 1.122 orang dari target 1.988 aparatur pemerintah desa.

BACA JUGA :  Penjabat Bupati Batu Bara Heri Hadiri Rakornas KPK RI

“Alhamdulillah, pelaksanaan pelatihan P3PD di Provinsi Gorontalo mendapat apresiasi dari Kemendagri. Progres keiikutsertaan peserta sangat tinggi, mencapai 99 persen,” terang Zukri.