Pemprov Gorontalo Terima Sertifikat Aset Pemerintah Daerah

Kota Gorontalo, MEDGO.ID – Pemerintah Provinsi Gorontalo menerima sertifikat tanah untuk aset pemerintah daerah pada upacara peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional (Hantaru) ke-63 tahun 2023 di halaman Kantor Wilayah ATR/Badan Pertanahan Nasional Provinsi Gorontalo, Senin (25/9/ 2023).

Sertifikat hak pakai sebanyak lima bidang diserahkan oleh Kepala Kantor Wilayah ATR/BPN Provinsi Gorontalo, Erry Juliani Pasoreh, kepada Kepala Bagian Administrasi dan Pimpinan Biro Umum Setda Provinsi Gorontalo, Marthen Soleman.

Erry Juliani mengatakan, Kementerian ATR/BPN telah berhasil mendaftarkan sejumlah 107 juta bidang tanah dari target sebanyak 126 juta bidang. Diperkirakan pada tahun 2025 seluruh bidang tanah di Indonesia sudah terdaftar.

BACA JUGA :  Gelar Bimtek Pemuktahiran Data Pemilih, Usman Dunda : Pantarlih Akan Datangi 113.943 Pemilih 

“Melalui program PTSL saat ini terdapat 10 kabupaten/kota yang dinyatakan lengkap. Dalam menyukseskan PTSL, saya mengajak para kepala daerah untuk membantu masyarakat dengan membebaskan BPHTB pada pendaftaran tanah pertama kali,” kata Erry Juliani saat membacakan Upacara tertulis Menteri ATR/BPN.

Sertifikat untuk aset pemerintah daerah juga diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Bone Bolango dan Kota Gorontalo. Selain itu diserahkan pula sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), redistribusi tanah, dan wakaf.

BACA JUGA :  Siap-siap! KPU Pohuwato Akan Turun Mengecek Data Pendukung Bapaslon Perseorangan

Peringatan Hantaru 2023 mengusung tema “Kinerja dan Kolaborasi untuk Indonesia Maju”. Hadir pada upacara Hantaru tersebut Asisten Administrasi Umum, Iswanta, yang mewakili Penjabat Gubernur Gorontalo, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, dan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo. Upacara Usai dilakukan pemotongan tumpeng oleh Kakanwil ATR/BPN Gorontalo, Erry Juliani Pasoreh, yang dilanjutkan dengan acara ramah tamah.