Pemprov Gorontalo Siapkan Dana Khusus untuk Ruas Jalan TPI

Kota Gorontalo, MEDGO.ID – Langkah besar dalam upaya peningkatan infrastruktur jalan di Provinsi Gorontalo telah diumumkan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo. Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2024 telah dipersiapkan untuk meningkatkan Ruas Jalan Tenilo-Pilolodaa-Iluta (TPI), yang menghubungkan Kota Gorontalo dengan Kabupaten Gorontalo.

Meykowati Isa, Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (PUPR-PKP) Provinsi Gorontalo, menjelaskan urgensi proyek ini.

“Peningkatan ruas jalan TPI menjadi prioritas karena kondisinya yang memprihatinkan, dengan kemantapan jalan hanya 2,5 persen,” ujarnya.

Kredit Mobil Gorontalo

Ruas jalan Tenilo-Pilolodaa-Iluta, dengan panjang 6,7 kilometer, bukan hanya menjadi jalur penting antara Kota Gorontalo dan Bandara Djalaludin di Kabupaten Gorontalo, tetapi juga menjadi alternatif vital bagi masyarakat. Meykowati menekankan bahwa proyek ini adalah bagian dari komitmen pemerintah untuk memperbaiki infrastruktur jalan yang memadai.

“Dengan alokasi DAK tahunan, kami berharap dapat menyelesaikan proyek ini secara bertahap hingga tuntas. Ini akan membawa dampak positif bagi mobilitas dan pertumbuhan ekonomi di wilayah ini,” tambah Meykowati.

BACA JUGA :  Wakil Ketua DPRD Gorontalo dan Bupati Nelson Pomalingo Bersatu dalam Silaturahmi Idul Fitri

Pemerintah Provinsi Gorontalo menyatakan telah memenuhi semua persyaratan yang diperlukan untuk memperoleh DAK, termasuk dokumen teknis dan perencanaan yang komprehensif. Dengan demikian, diharapkan bahwa proyek ini akan segera dimulai dan selesai sesuai rencana.