Pemprov Gorontalo Evaluasi Serapan Anggaran Triwulan III Tahun 2023

Kota Gorontalo, MEDGO.ID  – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo menggelar rapat koordinasi dan evaluasi (rakorev) penyerapan anggaran untuk Triwulan III tahun 2023 di Ballroom Hotel City Mall Gorontalo, Senin, (4/12/2023). Rakorev yang dihadiri seluruh Pimpinan OPD serta Bupati/Wali Kota atau yang mewakili itu, dipimpin oleh Penjabat Gubernur Ismail Pakaya.

Berdasarkan laporan Plt. Kepala Biro Pengendalian Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Gorontalo Taufik Sidiki memaparkan, progres penyerapan realisasi belanja Triwulan III bulan November tahun 2023 Pemprov Gorontalo, realisasi fisik di angka 84,27 persen, sedangkan realisasi keuangan pada angka 79,04 persen.

Sementara untuk APBD Kabupaten/Kota hingga November 2023, realisasi fisik dan keuangan tertinggi dicapai oleh Kabupaten Pohuwato, masing-masing diangka 83,70 persen dan 75,77 persen.

Kredit Mobil Gorontalo

Melihat hal tersebut, Penjagub Ismail Pakaya mengajak seluruh OPD baik dilingkup Pemprov Gorontalo dan Kabupaten/Kota untuk segera menyelesaikan pelaksanaan program kegiatan, sekaligus penyerapan anggaran tidak hanya fisiknya. Waktu yang tersisa 17 hari kedepan harus bisa dimanfaatkan oleh seluruh OPD.

“Sehingga, realisasi baik yang APBN maupun APBD ini bisa terlaksana sesuai dengan target yang sudah kita cacatkan diawal pelaksanaan anggaran ini. Jadi, kalau tidak bisa diselesaikan di kabupaten/kota, mohon segera disampaikan ke provinsi, kita bisa duduk bersama menyelesaikannya,” tutur Ismail.

BACA JUGA :  Pemkot Bakal Gelar Pasar Murah Beras Premium Menjelang Ramadhan

Ismail juga menekankan kembali, terhadap kegiatan-kegiatan yang melibatkan pihak ketiga dilingkup Pemprov Gorontalo, pimpinan OPD untuk tidak memberikan tambahan waktu satu hari pun. Kontrak yang misalnya selesai 25 Desember, maka harus selesai di tanggal itu juga. Tidak ada tambahan satu hari pun. Putus sesuai progres yang disepakati.

BACA JUGA :  Melalui Bimtek, Diharapkan Dorong Inovasi Legislatif di Deprov Gorontalo

“Terhadap realisasi anggaran, baik yang disampaikan oleh PLT Kepala Biro P2E Provinsi Gorontalo, juga yang sudah disampaikan oleh pak Kakanwil tadi, saya minta agar menjadi perhatian bagi kita semua. Termasuk provinsi, kabupaten/kota, juga bapak ibu pimpinan instansi vertikal yang ada di provinsi Gorontalo,” tandasnya.

BACA JUGA :  Alwi Podungge Dorong Pemkot Gorontalo Salurkan Bantuan secara Merata dan Tepat Sasaran

Dalam kesempatan itu pula Ismail memberikan kesempatan kepada seluruh Pemda Kabupaten/Kota, untuk menjelaskan sejauh mana progres penyerapan realisasi fisik dan anggaran, serta sejauh mana program-program yang sudah direalisasikan di tahun 2023.