Pemkot Distribusikan Bantuan Pangan Bagi Warga Tergolong P3KE

Kota Gorontalo, MEDGO.ID — Pemerintah Kota Gorontalo melalui Dinas Pangan Kota Gorontalo salurkan bantuan pangan untuk penuntasan kemiskinan yang ada di Kota Gorontalo. Penyerahan di laksanakan di aula kantor kecamatan Kota Barat, kamis (02/11/2023)

Kepala Dinas Pangan Fitri Bagu menjelaskan bahwa bantuan pangan yang disalurkan dan didistribusikan tidak hanya di satu kecamatan saja, akan tetapi tersebar di sembilan Kecamatan yang ada di Kota Gorontalo

“Paket bantuan pangan tersebut diberikan berdasarkan data Percepatan Pensasaran Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) Nasional, oleh karenanya pemerintah Kota Gorontalo, terus berupaya keras demi terpenuhnya kebutuhan pangan kepada masyarakat di kota Gorontalo “ jelas Fitri

BACA JUGA :  Pimpin Apel Perdana, Pj. Heri Sampaikan ASN Melayani Masyarakat Sepenuh Hati

Bantuan ini tidak lepas dari kerja nyata Pemerintah Kota Gorontalo dibawah nakhoda Walikota Marten Taha. berbekal master ekonomi  Marten mampu melahirkan strategi menekan kemiskinan ekstrim di kota Gorontalo, dibuktikan dengan reward pemerintah pusat memberikan dana insentif fiskal kepada pemkot gorontalo sebesar Rp. 5,9 miliar melalui program percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

Di ketahui bahwa kemiskinan ekstrem kota gorontalo berada pada angka terendah yaitu 0,47 persen. Angka ini jauh dibawah angka kemiskinan ekstrem rata-rata Provinsi Gorontalo yakni 5,73 persen, apalagi  rata-rata nasional yang berada pada angka 9,5 persen.

BACA JUGA :  Pemkab Batu Bara Gelar Pisah Sambut Penjabat Bupati Batu Bara

“Kami berharap bantuan ini dapat meringankan beban warga, utamanya beban pengeluaran pangan masyarakat sekaligus memenuhi kebutuhan dasar bagi masyarakat, khususnya yang berpendapatan rendah” kata Fitri. Ia menambahkan komitmen pemerintah kota dan pihak terkait untuk terus bekerja demi tercapainya kemiskinan 0%

Camat Kota Barat Abdul Karim Panu menjelaskan Program ini merupakan tindak lanjut dari pemerintah kota yang selalu berkolaborasi dengan pemerintah kecamatan yang selalu mewaspadai terhadap kemungkinan terjadinya kerawanan pangan dan krisis pangan, utamanya di tengah isu perubahan iklim seperti El Nino yang terjadi di beberapa daerah yang telah menghadapi kekeringan sehingga berdampak pada penurunan produksi pangan.

BACA JUGA :  Bupati Saipul Bersama Wabup Serahkan Sapi Kurban Secara Simbolis di Masjid Agung 

“Oleh karena itu, sejumlah langkah strategis pun dilakukan pemerintah, untuk menjaga kestabilan pasokan dan harga pangan, dengan jumlah bantuan yang di gelontorkan oleh pemerintah kota gorontalo di kecamatan kota barat berjumlah 204 paket bantuan pangan, terdiri dari bantuan beras, telur, dan bahan pangan lainnya” ujar Abdul Karim Panu.