Pemilihan Kepala Daerah 2024 Resmi Dimulai di Gorontalo

Kota Gorontalo, MEDGO.ID – Suasana demokrasi kembali bergelora di Provinsi Gorontalo dengan dimulainya proses Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Acara peluncuran yang digelar di Lapangan Taruna Remaja, Kota Gorontalo, pada Rabu (1/5/2024) ini dirangkaikan dengan pembukaan langsung oleh Penjabat Gubernur Gorontalo, Ismail Pakaya.

Dalam pidatonya, Ismail Pakaya menekankan pentingnya dukungan pemerintah provinsi dalam menyelenggarakan pilkada yang berkualitas. Sejak tahun 2023, dana hibah telah dialokasikan dan disalurkan kepada KPU dan Bawaslu, termasuk untuk keperluan pengamanan.

“Pemerintah provinsi berkomitmen untuk mendukung pelaksanaan pilkada dengan menyediakan dana hibah yang cukup kepada lembaga terkait. Dukungan ini menjadi kunci kesuksesan pelaksanaan pilkada yang berintegritas dan aman,” ujar Penjabat Gubernur.

Kredit Mobil Gorontalo

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Gorontalo, Fadliyanto Koem, mengajak seluruh masyarakat untuk mengikuti proses pilkada dengan penuh tanggung jawab dan kesadaran akan pentingnya partisipasi dalam menentukan masa depan daerah.

“Pilkada adalah momentum untuk memilih pemimpin yang akan membawa perubahan dan kemajuan bagi Gorontalo. Mari kita manfaatkan hak pilih kita dengan bijak demi terwujudnya pemerintahan yang bersih dan melayani,” ucap Fadliyanto.

Tidak hanya itu, acara peluncuran pilkada juga menjadi kesempatan untuk memperkenalkan maskot resmi Pilkada KPU Provinsi Gorontalo, ikan Hiu Paus. Maskot ini, hasil karya Awaludin Nur, berhasil mencuri perhatian sebagai ikon pariwisata lokal setelah terletak di Botubarani, Kabupaten Bone Bolango.