Pemanfaatan TIK, Diskominfo Gorontalo dan BMKG Siap Kolaborasi

GORONTALO, MEDGO.ID — Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik bersama Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah Provinsi Gorontalo, siap berkolaborasi dalam rangka pemanfaatan secara optima Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang ada di Diskominfo untuk penyebaran informasi BMKG.

Hal ini terungkap dalam pertemuan yang dilakukan Kepala Stasiun Meterologi Gorontalo Cucu Kusmayancu bersama jajaran dengan Kepala Diskominfotik Provinsi Gorontalo Rilfi Katili, di ruang Kadis Kominfo, Senin (29/5/2023).

“Kami mensuport dalam hal bagaimana menginformasikan terkait perkiraan cuaca, iklim atau potensi bencana alam. Semua ini akan kita publish melalui media publik yang Kominfo miliki yaitu videotrone, melalui Radio RH yang akan kita siarkan setiap hari, dipagi dan sore hari karena cuaca ini setiap waktu ada perubahan yang mencolok, ”ujar Rifli

BACA JUGA :  Pj. Bupati Batu Bara Hadiri Pemberian Gelar Adat Datuk Seri Setia Amanah

Mantan Kadis Pariwisata ini menambahkan, perkiraan cuaca bahkan bencana alam memang kadang kala diluar prediksi. Namun setidaknya sebagai masyarakat, semua harus siap dengan segala kemungkinan yang ada. Masyarakat harus pandai menilai dan menelaah keadaan iklim sekitar. Misal ingin berwisata kedaerah pesisir pantai atau pegunungan, harus bisa melihat perkiraan cuaca di lokasi itu.

“Apalagi masyarakat nelayan tentu sangat perlu dengan informasi mengenai gelombang laut. Intinya tugas BMKG ini begitu penting sehingga kami Kominfo sangat siap berkolaborasi,” paparnya.

BACA JUGA :  500 PPPK Dilantik, Plh Wali Kota Harap dapat Berkinerja Baik dan Disiplin

Dalam pertemuan tersebut Rifli Katili turut didampingi Kepala Bidang IKP Zakiya Baserewan dan Kepala Bidang APTIKA Rengga Pranata. (Adv/IH)