Pangdam XIII/Merdeka Disambut Adat Mopotilolo di Provinsi Gorontalo

Kabgor, MEDGO.ID — Pada Selasa, 19 Maret 2024, Mayjen TNI Candra Wijaya, Panglima Kodam XIII/Merdeka, didampingi Ny. Fenty Candra Wijaya, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD XIII/Merdeka, memulai perjalanan kunjungan kerja mereka ke Provinsi Gorontalo. Kedatangan mereka di Bumi Serambi Madinah disambut dengan kehangatan dan keceriaan melalui upacara adat Mopotilolo di terminal lama Bandara Djalaludin Gorontalo.

Acara penyambutan tersebut menjadi momentum bersejarah karena Pangdam XIII/Merdeka menjadi tamu utama yang diberi penghormatan dengan adat Gorontalo. Pejabat Gubernur Gorontalo, Ismail Pakaya, bersama sejumlah pejabat tinggi termasuk Danrem 133/Nani Wartabone Brigjen TNI Totok Sulistyono dan Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Pudji Prasetijanto, turut menyambut dengan hangat kedatangan rombongan tersebut.

Adat Mopotilolo, dipimpin oleh pemangku adat U Duluwo Limo Lo Pohalaa, memberikan sentuhan khas Gorontalo dengan tabuhan genderang adat dan tarian Longgo, menciptakan suasana meriah yang membangkitkan semangat kebersamaan dan kebanggaan akan budaya lokal. Tahapan-tahapan adat seperti mopodungga lo adati, yang berisi kata-kata bijak dalam bahasa Gorontalo, serta mopodungga lo uyilumo, memperkuat rasa hormat dan keramahan yang mendalam terhadap tamu yang dihormati.

Kredit Mobil Gorontalo

Selama kunjungan, Pangdam XIII/Merdeka memiliki agenda yang padat. Salah satunya adalah silaturahmi dengan jajaran Pemerintah Provinsi dan Forkopimda Gorontalo. Pertemuan ini tidak hanya bertujuan untuk mempererat hubungan antarlembaga, tetapi juga sebagai wujud nyata dari semangat kerja sama dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah tersebut.

Acara silaturahmi tersebut direncanakan akan dirangkaikan dengan buka puasa bersama di Rujab Gubernur Gorontalo. Hal ini tidak hanya menjadi momen untuk berbagi kebahagiaan dalam menjalankan ibadah puasa, tetapi juga sebagai simbol persatuan dalam keberagaman dan kerukunan antarumat beragama.

BACA JUGA :  Wali Kota Gorontalo Ingatkan Pegawai untuk Tidak Menambah Libur Setelah Cuti Bersama

Dengan kunjungan ini, Pangdam XIII/Merdeka dan rombongan membawa pesan perdamaian, persatuan, dan kerukunan, yang menjadi fondasi kuat bagi kemajuan dan kesejahteraan bersama di Provinsi Gorontalo.