Pangdam IV/Diponegoro Dampingi Kunker Jokowi Tinjau Bandara JBS

PURBALINGGA, MEDGO.ID– Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Rudianto, bersama Kapolda Jawa Tengah, Irjen. Pol. Ahmad Luthfi, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mendampingi kunjungan kerja (kunker) Presiden RI, Joko Widodo, ke Kabupaten Purbalingga, Jum’at (11/06/2021).

Dalam kunkernya ke Purbalingga, Joko Widodo meninjau langsung Pembangunan Bandar Udara Jenderal Besar Soedirman (JBS) yang di kelola oleh PT. Angkasa Pura II (Persero).
Bandara JBS bisa didarati pesawat udara jenis ATR 72-600 atau yang sejenisnya, dengan kapasitas 78 penumpang.

Pada kesempatan tersebut, Joko Widodo menyebutkan bahwa dalam pembangunan Konstruksi Tahap I, terdiri dari pembangunan landasan pacu sepanjang 1.600 meter dan lebar 30 meter, taxiway, apron komersial dan militer. Serta erminal penumpang sementara yang memiiki kapasitas sebanyak 98.812 penumpang per tahun.

BACA JUGA :  Penderita Covid Bisa Sembuh Lebih Cepat, Ini Faktanya

“Rencana pengembangan terminal penumpang juga akan di lakukan pada kuartal satu tahun 2022 dengan target 2.200 meter. Untuk target operasional kuartal satu pada 2023 dengan target luas terminal 13.000 meter persegi. Dengan tujuan bisa menampung sekitar 200 ribu penumpang per tahun”, kata Joko Widodo.

Pengoperasian bandara tanpa menunggu pembangunan terminal selesai, menurut Joko Widodo, menjadikannya lebih produktif di bandingkan jika harus menunggu terminal selesai dahulu. Cara-cara seperti itu juga di harapkan dapat diikuti oleh bandara-bandara lain yang kini masih sedang dalam proses pembangunan.

BACA JUGA :  Jawa Tengah Serap Dana Desa 54,54 Persen Tertinggi Secara Nasional

“Terbukti pada tanggal 1 Juni kemarin, pihak Bandara melakukan penerbangan komersial dengan rute Jakarta-Purbalingga dan dari Purbalingga-Surabaya oleh Citilink dengan jumlah penumpang lebih dari 70 persen”, ungkap Joko Widodo.

BACA JUGA :  Rusunawa Kebondalem Dibangun Dengan Anggaran 18,29 Miliar

“Saya berharap, dengan adanya Bandara Jenderal Besar Soedirman, mobilitas orang, barang, dan logistik menjadi lebih baik dan dapat memberikan kontribusi dalam pertumbuhan perekonomian di wilayah Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banyumas, Cilacap, Banjarnegara, Wonosobo dan Kebumen.

Turut hadir dalam mendampingi Presiden dan Ibu Negara, dalam peninjauan Bandara Jenderal Besar Soedirman antara lain, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi. (*).
Sumber: Pendam IV/Diponegoro.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here