Open Turnament Bidar Race Tahun 2020 Merupakan Penggalian Potensi Budaya Masyarakat Tepian Sungai

Bupati Kabupaten Sintang

Sintang, (MEDGO.ID) — Dalam meningkatkan minat masyarakat dalam budaya dayung sampan pihak masyarakat Kampung Ladang bekerjasama dengan Persatuan Olah Raga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) gelar lomba dayung sampan dalam kegiatan Open Turnament Bidar Race tahun 2020.

Kegiatan berlokasi di daerah Kampung Ladang pesisir pantai sungai melawi di bawah jembatan melawi yang pelaksanaannya selama dua hari dari tanggal 22 Februari sampai 23 Februari 2020 dan puncaknya dihari Minggu sore (23/02/2020) pukul 15:00 WIB.

Kegiatan lomba bidar race sendiri diikuti peserta dari tiga Kabupaten yaitu Kabupaten Sanggau, Kabupaten Sekadau dan tuan rumah Kabupaten Sintang.

Menurut penjelasan Ketua Panitia Turnament Bidar Race ini bahwa lomba dayung sampan atau Bidar Race ini merupakan tradisi masyarakat Kalimantan yang tinggal dipesisir pantai sungai kapuas dan sungai melawi yang patut dikembangkan kelestariannya.

“Jadi kegiatannya adalah merupakan kegiatan kelurahan ladang atau kampung ladang maka namanya Kampung Ladang Bidar Race. Karena bekerjasama dengan KONI dan didukung oleh PODSI dan juga Pemkab Sintang termasuk dalam mendukung sepenuhnya kegiatan keramaian rakyat seperti ini maka kegiatan ini kami selenggarakan,” ungkap Bujang Suprapto saat diwawancarai tim Media MEDGO.ID biro Kabupaten Sintang Perwakilan Kalbar.

Bujang Suprapto juga menambahkan bahwa suport dana kegiatan ini pihak panitia mendapat sponsor dari pihak perusahaan swasta salah satunya PT. Djarum, Bintang Toedjoe dan lain-lain.

“Sebenarnya dana yang kami butuhkan sekitar 50 sampai 60 juta. Namun kami rasa pelaksanaan kegiatan ini telah sukses dan kami kerjakan semeriah mungkin itu yang kami harapkan,” tambah Bujang.

Diakhir kegiatan ini dilaksanakan penutupan oleh Bupati Sintang Jarot Winarno yang diawali penyampaian sambutan dari ketua Panitia serta pembagian hadian kepada para pemenang. (Bostang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here