Longsor Banjarpanepen, 4 Jiwa Dinyatakan Hilang

BANYUMAS, MEDGO.ID – Bencana tanah longsor selain di Jalan Raya Kebumen-Banjarnegara tepatnya di ruas Jalan Sampang – Sempor, juga terjadi di Desa Banjarpanepen RT 02 RW 01 Kecamatan Sumpyuh Kabupaten Banyumas Jawa Tengah, Selasa (17/11/2020), sekitar pukul 02.00 dini hari.

Berdasarkan data dari Pusdalops Badan Penggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas, bencana tanah longsor di Desa Banjarpanepen telah mengakibatkan 1 rumah tertimbun longsor dan 2 rumah rusak berat serta korban jiwa sebanyak 4 orang yang dinyatakan hilang.

Ke 4 korban tersebut adalah satu keluarga, dimana rumah yang ditempati tertimbun material longsoran, yaitu atas nama Basuki (52th/KK), Wagiati (38th/Istri), Lucas (11th/lakilaki-laki/anak), Yudas (7th/laki-laki/anak).

BACA JUGA :  Gubernur Jateng Minta Pemerintah Hentikan Sementara Transaksi Dagang

Sementara itu, pada pukul 08:30 team SAR telah berhasil menemukan 1 orang jenazah dan hingga saat ini proses pencarian dan evakuasi masih dilakukan.

Setyo Utami dari Pusdalops BPBD Banyumas mengatakan bahwa kendala yang dihadapi oleh tim SAR adalah lokasi bencana yang sangat sulit dijangkau, karena akses jalan utama ke lokasi juga tertutup material longsoran, juga adanya blank spot atau tidak ada sinyal telpon seluler.

BACA JUGA :  Jefri Sang Pianis Muda Kendal Raih Penghargaan Internasional America Book Of Records

“Blank spot menjadi kendala dalam komunikasi sehingga alur informasi sangat terbatas. Saat ini kami sangat membutuhkan bantuan alat berat untuk menyingkirkan material longsoran, bantuan personil, tambahan peralatan berupa noozel dan alat sedot air serta kebutuhan logistik”, tutur Setyo. (*)
Laporan : Adang.
Kontributor: Bejo Utomo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here