KPU RI Rilis Panelis Debat Keempat Pilpres dan Isu Strategis untuk Pemilu 2024

Jakarta, MEDGO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengumumkan 11 panelis debat untuk acara keempat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, yang akan digelar di Jakarta Convention Center pada Minggu, 21 Januari 2024.

Dalam pernyataan resmi, Komisioner KPU RI, August Mellaz, menegaskan bahwa panelis, yang terdiri dari akademisi dan praktisi masyarakat sipil, telah mengonfirmasi kehadiran mereka.

“Dalam upaya menciptakan debat yang substansial, kami menghadirkan panelis-panelis berkompeten dari berbagai bidang, seperti ahli hukum agraria, sosiolog pedesaan, ahli ekologi politik, dan praktisi transisi energi,” ujar August Mellaz.

Kredit Mobil Gorontalo

Berikut adalah beberapa nama panelis yang telah dikonfirmasi: Prof. Abrar Saleng (Universitas Hasanuddin), Dr. Arie Sudjito (Universitas Gadjah Mada), dan Dewi Kartika (Sekretaris Jenderal Konsorsium Pembaruan Agraria).

Debat keempat ini akan menyoroti isu-isu strategis seperti sumber daya alam, masyarakat adat, lingkungan hidup, energi, dan agraria.

BACA JUGA :  Gobel Pimpin Perolehan Suara Caleg DPR RI Dapil Gorontalo

“Kami berharap debat ini dapat memberikan pemahaman mendalam kepada pemilih mengenai visi dan program para calon wakil presiden,” tambahnya

Pada akhir pernyataannya, Mellaz juga mengungkapkan bahwa panelis akan dikarantina dua hari sebelum debat, pada Jumat, 19 Januari 2024, untuk memastikan kesiapan dan netralitas mereka.

BACA JUGA :  Pemilu 2024: Prabowo-Gibran Memimpin Sementara di Gorontalo

Rincian Jadwal Kampanye dan Pemungutan Suara

KPU RI telah menetapkan masa kampanye Pilpres 2024 berlangsung dari 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Pemungutan suara dijadwalkan pada Rabu, 14 Februari 2024. Pada tahap ini, tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden telah ditetapkan, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (nomor urut 1), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (nomor urut 2), dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. (nomor urut 3).

BACA JUGA :  Raih Suara Terbanyak Partai, Faisal Yunus Berpeluang Pimpin DPRD Bone Bolango

Berita ini menggarisbawahi persiapan matang KPU RI untuk menyelenggarakan debat konstruktif dan transparan dalam rangka mendukung proses demokrasi yang berjalan di Indonesia. (*)