KPU dan Forkopimda Bahas Persiapan Pilkada Serentak 2024 di Bone Bolango

Bonebol, MEDGO.ID – Pemerintah Daerah Bone Bolango menggelar rapat koordinasi di Rumah Dinas Bupati Bone Bolango untuk membahas tahapan Pilkada Serentak 2024, Kamis (30/05). Rapat ini dihadiri oleh Ketua KPU Bone Bolango, Forkopimda, pimpinan OPD, dan camat se-Kabupaten Bone Bolango.

Rapat dimulai dengan pengantar dari Sekretaris Daerah yang memaparkan sejumlah isu strategis yang akan dibahas, salah satunya terkait tahapan Pilkada. Bupati Bone Bolango kemudian memberikan sambutan dan mengundang Ketua KPU Bone Bolango untuk mempresentasikan perkembangan tahapan Pilkada di daerah tersebut.

Ketua KPU Bone Bolango menyampaikan tahapan-tahapan yang saat ini sedang berjalan, di antaranya:
1. Rekrutmen dan pelantikan 90 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan 495 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS).
2. Pengusulan sekretariat PPK dan PPS dari Pemerintah Daerah yang harus diselesaikan paling lambat tujuh hari setelah pelantikan, yang kemudian akan disahkan oleh KPU.
3. Verifikasi administrasi dukungan perseorangan yang sedang berlangsung terhadap dokumen dukungan dari dua bakal calon perseorangan, yaitu pasangan Amran-Irwan (Amin) dan Ismet-Risman (Iris).
4. Penyediaan kantor sekretariat PPK dan PPS yang representatif oleh Pemerintah Daerah, yang penting untuk penyimpanan logistik dan pengarsipan dokumen.
5. Pemetaan 294 Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk Pilkada dan rencana rekrutmen 465 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) dalam waktu dekat.

BACA JUGA :  DPRD Provinsi Gorontalo Setujui Dua Raperda Usulan Pemprov

Merespon laporan tersebut, Bupati Bone Bolango menyatakan kesiapan Pemerintah Daerah untuk mendukung kebutuhan PPK dan PPS. “Kami siap memfasilitasi kebutuhan PPK dan PPS untuk memastikan tahapan Pilkada berjalan lancar,” ujar Bupati Bone Bolango.

Unsur Forkopimda, yang meliputi Polres, Dandim, Kejaksaan, dan Danlanal, juga menegaskan dukungannya untuk memastikan kelancaran Pilkada dengan menjaga keamanan dan ketertiban. “Kami dari pihak kepolisian siap menjaga keamanan dan ketertiban selama tahapan Pilkada berlangsung,” ujar Kapolres Bone Bolango.

BACA JUGA :  Pemprov Terima Dua Ranperda Usul DPRD Provinsi Gorontalo

Wakil Ketua DPRD Bone Bolango serta perwakilan dari Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) juga menekankan pentingnya profesionalitas dan integritas dari KPU Bone Bolango. “Kami berharap KPU Bone Bolango dapat menjalankan tugasnya dengan profesional dan adil, agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan,” kata Wakil Ketua DPRD.

BACA JUGA :  Ismail Madjid Beri Penghormatan kepada Marten Taha dalam Sertijab Wali Kota Gorontalo

Rapat ini dihadiri oleh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan camat se-Kabupaten Bone Bolango yang turut berkomitmen mendukung suksesnya tahapan Pilkada Serentak 2024 di wilayah tersebut.