Kawal Vaksin Sinovac, Polda Gorontalo Kerahkan Tim Pengaman

Regu Satbrimobda Gorontalo saat mengamankan vaksin
Regu Satbrimobda Gorontalo saat mengamankan vaksin Sinovac yang tiba di Gorontalo (Foto: Humas Polda Gorontalo)

GORONTALO, MEDGO.ID – Jajaran Polda Gorontalo mengerahkan 2 regu Brimob yang terdiri dari 33 Personel dan menurunkan kendaraan taktis dalam mengawal kedatangan dan pengiriman vaksin Sinovac ke tempat penyimpanan Dinas Kesehatan Instalasi Farmasi di Kota Utara. Kamis, (07/01/2021).

Dalam pantauan, terlihat Gubernur Rusli Habibie bersama Wakapolda Gorontalo, Pudji Prasetijanto Hadi, Danrem 133/NW Bagus Antonov Hardito, Kajati Provinsi Gorontalo Djaja Subagja, serta Karo Ops Polda Gorontalo M. Pratama Adhyasastra turun langsung mengawal vaksin Sinovac tersebut.

Disela-sela kegiatan Gubernur Provinsi Gorontalo, Rusli Habibie, mengatakan bahwa Vaksin Sinovac tiba di Provinsi Gorontalo berjumlah 5 box atau 9.760 Vial dan akan digunakan setelah ada perintah lanjut dari Pemerintah Pusat.

“Beberapa Kabupaten atau Kota sudah siap menerima Vaksin, Kecuali di dua daerah yang belum siap untuk menerima Vaksin sesuai Informasi Pak Wali Kota yaitu Kabupaten Pohuwato dan Gorontalo Utara, dikarenakan belum mempunyai gudang Instalasi Farmasi sehingga masi diamankan di gudang Instalasi Farmasi di Kota Utara,” ungkapnya.

Sementara itu Kabid Humas Polda Gorontalo, Wahyu Tri Cahyono mengatakan, bahwa Pesawat Reguler Garuda Indonesia mengangkut Vaksin Sinovac telah tiba di Bandara VIP Djalaluddin Gorontalo pada hari kamis pukul 12.33 Wita dengan nomor penerbangan GA642 dari Jakarta, landing aman dan lancar dan dikawal oleh 2 personil KBR Pas Gegana Korbrimob dan 2 personil Dinkes Provinsi Gorontalo.

“Cargo Vaksin Covid-19 di bawah menuju gudang Cargo Bandara Djalaludin Gorontalo dengan menggunakan mobil khusus Dinkes Provinsi Gorontalo dan dilakukan pengecekan oleh Gubernur Gorontalo beserta Forkopinda Provinsi Gorontalo kemudian Cargo Vaksin Covid-19 diserah terimakan dari Pihak Jasa Pengiriman Cargo Garuda kepada Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dalam proses administrasi,” jelas Wahyu.

Lanjut Kabid Humas mengatakan, bahwa Vaksin Covid-19 diangkut menggunakan mobil khusus untuk dibawah menuju Dinkes Instalasi Farmasi Provinsi Gorontalo Jl. Rusli Datau I Kelurahan Selatan Kecamatan Kota Utara Kota Gorontalo.

“Terkait Pengawalan Vaksin Covid-19, Polda Gorontalo melakukan pengamanan dan pengawalan secara khusus. Dari segi personel hingga kendaraan taktis dilibatkan untuk mendukung pengawalan dan pengamanan tersebut,” ujar Mantan Kapolres Bone Bolango tersebut.

“Selain pengawalan Vaksin Covid-19 saat dari Bandara VIP Djalaluddin dan tiba di Gudang Instalasi farmasi, Vaksin Covid-19 juga akan diberikan pengamanan dari Personil Brimob Polda Gorontalo sampai dengan pelaksanaan lounching pada tanggal 13 Januari 2021,” tutup Wahyu. (Rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here