Kadistan Gorontalo Akui Penghargaan yang Diterima Hamim Pou Adalah Prestasi

Bonebol, MEDGO.ID — Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo, Muljadi Mario, meminta maaf dan membantah soal pemberitaan di sebuah media massa soal penghargaan Satyalencana Wira Karya Bidang Pembangunan Pertanian yang diterima oleh Bupati Bone Bolango, Hamim Pou.

Muljadi Mario pun mengakui penghargaan yang diterima oleh Bupati Hamim Pou dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo itu.

Muljadi meluruskan bahwa apa yang disampaikan di media massa atau koran itu tidaklah seperti itu. Ia menjelaskan bahwa penghargaan yang diterima Bupati Hamim Pou melalui mekanisme panjang baik dari Kementerian Pertanian, Sekretariat Negara, bahkan berdasarkan usulan provinsi.

Kredit Mobil Gorontalo

“Memang saya ditanya wartawan kenapa provinsi tidak mendapatkan penghargaan dan saya menjelaskan bahwa pak Rusli Habibie yang saat itu menjabat Gubernur sudah dinominasikan untuk mendapatkan penghargaan. Hanya karena pelaksanaan PENAS ini tertunda dari 2021, 2022 dan terlaksana di 2023 dan pak Rusli sudah tidak menjabat sebagai Gubernur, makanya sudah tidak bisa mendapatkan penghargaan tersebut,”

“Tetapi di koran digantikan seakan-akan penghargaan pak Rusli digantikan oleh pak Hamim. Padahal tidak seperti itu, karena penghargaan untuk Gubernur terpisah dengan penghargaan untuk Bupati dan indikator penilaiannya pun berbeda,”jelas Muljadi Mario saat menerima kunjungan dari Pemerintah Kabupaten Bone Bolango yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah, Ishak Ntoma, di Kantor Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo, Rabu (14/6/2023).

BACA JUGA :  Jelang Berangkat, Jemaah Calon Haji Batu Bara Ikuti Tepung Tawar

Ia pun menegaskan pengusulan penghargaan untuk Bupati Hamim Pou terdapat campur tangan Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo di dalamnya dengan memberikan rekomendasi ke Kementerian Pertanian bahwa Bupati Hamim Pou dengan prestasi yang ada bisa mendapatkan penghargaan.

BACA JUGA :  Di Harkitnas ke-166, Bupati Saipul Serahkan SK 555 PPPK Pohuwato

“Jadi tidak mungkin kami menyampaikan bahwa penghargaan pak Rusli digantikan oleh pak Hamim,”tegasnya.

Pada kesempatan itu, pihaknya juga menyampaikan dengan rasa bangga dan atas nama Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo menyampaikan selamat atas Penghargaan Satyalencana Wira Karya Bidang Pembangunan Pertanian yang diraih oleh Bupati Hamim Pou.

BACA JUGA :  Lepas 77 Jemaah Calon Haji, Bupati Saipul Menitipkan Harapan Untuk Daerah Pohuwato 

“Saya juga berharap penghargaan ini bisa dipertahankan dan diikuti oleh kabupaten lain di Provinsi Gorontalo,”harapnya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Bone Bolango, Ishak Ntoma didampingi Asisten I Aznan Nadjamuddin, Kepala Badan Kesbangpol Abd. Wahab Hadju, sejumlah pimpinan OPD dan Camat, serta puluhan ASN mendesak Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo, Muljadi Mario untuk mengklarifikasi soal pemberitaan di media massa.

Ia menegaskan bahwa penghargaan tersebut bukanlah penghargaan yang dibuat-buat, akan tetapi sudah berdasarkan penilaian lapangan oleh Sekretariat Militer Presiden pada bulan puasa kemarin. (Adv/IH)