Hasil Musyawarah Konflik Pulau Saronde Berakhir Damai

Gorut, Medgo.ID — Permasalahan yang terjadi di Pulau Saronde, akhirnya menghasilkan titik terang antara pihak pengelola dan masyarakat Desa Ponelo Kepulauan, Kabupaten Gorontalo Utara.

Hasil tersebut dituangkan dalam Surat Keputusan pada musyawarah yang dilaksanakan di kediaman Kepala Desa Ponelo, dengan turut dihadiri Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa, Pihak Pengelola serta masyarakat setempat, Minggu (29/01/2023).

Camat Desa Ponelo, Roy Buheli mengatakan dari hasil musyawarah telah melahirkan kesepakatan antara masyarakat Ponelo, pengelola resort Pulau Saronde dan pihak pemerintah.

Kredit Mobil Gorontalo

“Pihak pengelola pulau Saronde akan mengizinkan masyarakat/nelayan untuk berlindung di pulau Saronde apabila mengalami cuaca buruk atau musibah lain,” ujar Camat

Kata Camat, pihak masyarakat pun sepakat dan menjamin untuk tidak akan terjadi lagi permasalahan yang serupa di masa yang akan datang.

Sebab, Ia menilai, bahwa permasalahan tersebut terjadi, karena kurangnya sosialisasi dan komunikasi antara masyarakat dan pihak pengelola.

“Pihak pengelola dalam hal ini diwakili Erlan Thalib dan staf yang menjadi korban pemukulan dan pengancaman masyarakat tidak akan melanjutkan lagi ke proses hukum,” tandasnya.