Ganjar: Kendala Pemasaran Jadi Problem UMKM Di Jawa Tengah

SEMARANG, MEDGO.ID – Bertepatan dengan Hari Jadi ke 71 Provinsi Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meresmikan Kampus UMKM Shopee Kota Semarang, Minggu (15/8/2021), di Hetero Space UMKM Jawa Tengah, Banyumanik, Semarang.

Dalam konferensi persnya, Ganjar mengatakan bahwa problematika UMKM di Jawa Tengah yang dihadapi hingga hari ini adalah kendala pemasaran. Adanya kerja sama dengan Shopee tersebut, diharapkan bisa mendorong para pelaku UMKM di Jawa Tengah melompat naik dan terkenal.

“Adanya Kampus UMKM Shopee ini akan memudahkan para pelaku UMKM untuk lebih tangguh”, ungkap Ganjar.

Di HUT Provinsi Jawa Tengah yang ke-71 dengan tema Jateng Tangguh, lanjut Ganjar, maka mereka semua juga harus tangguh, termasuk UMKM-nya juga harus tangguh.

“Saya berharap, ke depannya kampus UMKM seperti ini juga ada di daerah lain, sehingga, UMKM di Jateng makin tangguh dan bisa bangkit, meski di masa pandemi. Hari ini di Solo juga sudah ada, dan kita akan membuatnya di banyak titik”, tandas Ganjar.

BACA JUGA :  Penduduk Kabupaten Kendal: Lulusan SD dan SLTP Capai 43,53 Persen

Masih kata Ganjar, gempuran dari pandemi ini banyak yang kolaps, dan banyak yang menyampaikan kepada saya susah mencari pekerjaan.

“Kini bukan lagi saatnya mencari pekerjaan, tapi saatnya untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Menjadi enterpreneur dan membangun satu bisnis startup sendiri. Untuk itu, kita akan coba memfasilitasinya. Hal Ini adalah bagian dari mewujudkan. Mudah-mudahan UMKM bisa belajar”, tegas Ganjar

BACA JUGA :  Penduduk Kabupaten Kendal: Lulusan SD dan SLTP Capai 43,53 Persen

Sementara itu, Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja, mengatakan bahwa Kampus UMKM Shopee ini merupakan wujud dari komitmennya dalam mendukung para pelaku UMKM di Jawa Tengah.

“Selain di Semarang, Kampus UMKM Shopee juga sudah diresmikan di Solo pada Mei 2021 lalu. Saya berencana untuk menambah Kampus UMKM di lima titik di Jawa Tengah”, kata Handhika.

Dengan harapan, lanjut Handhika, inisiatif tersebut bisa meningkatkan literasi digital bagi total 700.000 UMKM di Jawa Tengah. Didirikannya Kampus UMKM Shopee Semarang, dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perkembangan bisnis UMKM, guna menjadi salah satu lokomotif perekonomian daerah di Jawa Tengah,.

BACA JUGA :  Penduduk Kabupaten Kendal: Lulusan SD dan SLTP Capai 43,53 Persen

Sebagai informasi, di Kampus UMKM Shopee, tersedia fasilitas mumpuni yang bisa digunakan secara gratis oleh pelaku UMKM di Jawa Tengahantara tara lain berupa studio foto produk, pusat edukasi, simulasi gudang hingga ruang live streaming.

Selain itu, dilengkapi juga dengan serangkaian program pembinaan dan fasilitas, yang akan mengakomodasi seluruh kebutuhan bisnis para pelaku UMKM yaitu mulai dari edukasi, penyaluran pendanaan, pemasaran online hingga sistem inventori dan pengiriman barang terintegrasi. (*).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here