Fikram Salilama: Kemeriahan Tradisi Koko’o Warnai Awal Ramadan di Gorontalo

Kota Gorontalo, MEDGO.ID – Suasana kebahagiaan dan semangat Ramadan mulai terasa di Kota Gorontalo dengan dimulainya tradisi Koko’o atau toki sahur. Masyarakat Gorontalo secara meriah menyambut sahur perdana Ramadan 1445 Hijriah dengan menggelar acara Koko’o yang menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan mereka.

Generasi Muda Pabean Ramadhan (Gempar) menjadi pelopor dalam penyelenggaraan Koko’o tahun ini. Acara ini resmi dimulai pada Senin (11/03) pukul 23.30 WITA di rumah Anggota DPRD Provinsi Gorontalo, Fikram Salilama, sebelum berlanjut ke titik pusat di rumah dinas Gubernur Gorontalo.

Fikram Salilama, yang merupakan tokoh utama dalam kegiatan ini, menyampaikan rasa syukur dan kegembiraannya melihat antusiasme masyarakat dalam menjaga tradisi ini. Menurutnya, Koko’o bukan hanya sekadar perayaan, tetapi juga sarana mempererat hubungan sosial di antara warga Gorontalo.

Kredit Mobil Gorontalo

“Tradisi Koko’o tidak hanya memberikan kebahagiaan, tetapi juga mempererat silaturahmi di tengah-tengah masyarakat. Kita harus bersama-sama menjaga dan melestarikan tradisi ini agar tetap hidup dan berkembang,” ungkapnya.

Dalam pelaksanaannya, Koko’o berjalan dengan lancar dan tertib. Masyarakat dari berbagai daerah di Gorontalo turut meramaikan acara ini, menciptakan suasana kebersamaan yang hangat. Setelah berakhirnya perayaan Koko’o, masyarakat kembali dengan aman ke rumah Anggota DPRD Provinsi Gorontalo.

BACA JUGA :  Hendra Saputra Koniyo, Arsitek Berdedikasi Siap Membangun Bone Bolango Melalui Politik

Kemeriahan tradisi Koko’o ini sekali lagi menjadi bukti kekayaan budaya Gorontalo yang patut dilestarikan dan dirayakan. Semoga semangat kebersamaan dalam menjaga tradisi ini tetap terjaga dan menjadi bagian integral dari identitas Gorontalo yang kaya akan nilai-nilai budaya. (IH)