Diskumperindag Provinsi Gorontalo Gelar Pelatihan Bagi Para Pelaku UMKM

Kota Gorontalo, MEDGO.ID – Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Kumperindag) Provinsi Gorontalo menggelar pendidikan dan pelatihan serta sosialisasi penyuluhan hukum guna peningkatan kapasitas pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Boalemo dan Pohuwato.

Kepala Dinas Kumperindag Provinsi Gorontalo, yang diwakili oleh Kepala Bidang UMKM, Helly Mangundap, mengatakan bahwa kegiatan itu diikuti oleh 80 pelaku UMKM dari dua kabupaten yaitu Pohuwato dan Boalemo. “Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan usaha mereka menjadi lebih maju,” ungkap Helly, Kamis (16/5/2024).

Helly menjelaskan, ada beberapa kegiatan yang dilakukan bagi pelaku UMKM itu, yaitu penguatan manajemen bisnis dan sosialisasi penyuluhan hukum.

BACA JUGA :  Sekwan Kota Gorontalo Ajak Masyarakat Memaknai Kurban sebagai Bentuk Keikhlasan dan Kepedulian

“Kami ingin pelaku UMKM dapat maju dan mewujudkan sumber daya manusia yang kompeten, produktif, profesional dan berdaya saing di era globalisasi,” tuturnya.

Kegiatan yang berlangsung selama empat hari sejak 13 hingga 16 Mei itu dilaksanakan di dua lokasi yang berbeda, yakni di Pohuwato dan Boalemo. Hal itu agar peserta yang berdomisili di masing masing lokasi bisa lebih fokus dan lebih dekat dengan usaha mereka.

BACA JUGA :  Pemprov Terima Dua Ranperda Usul DPRD Provinsi Gorontalo

Metode pendidikan yang pelatihan yang digunakan, kata Helly, yaitu pemberian materi, praktek, dan tanya-jawab dengan narasumber profesional di bidangnya. Pemberi materi atau narasumber pada enam kegiatan bagi UMKM tersebut berasal dari tim akademisi serta praktisi UMKM.

BACA JUGA :  Jelang Iduladha, Pemprov Gorontalo Gelar Pasar Murah

Peserta pelatihan yang berasal dari Kabupaten Pohuwato berjumlah 40 orang, sedangkan Kabupaten Boalemo 40 orang. Para peserta yang mengikuti pelatihan itu memiliki bentuk usaha aneka kue kering. Jenis usaha itu menjadi fokus utama dari pelatihan ini.