Disambut Mopotilolo, Menteri Kesehatan RI Kunker ke Gorontalo

Kabgor, MEDGO.ID – Menteri Kesehatan Republik Indonesia (RI) Budi Gunadi Sadikin, melakukan kunjungan kerja ke Provinisi Gorontalo, Jumat (24/5/2024). Kedatangannya di Bumi Serambi Madinah disambut dengan adat Mopotilolo di terminal lama Bandara Djalaludin Gorontalo.

Budi Gunadi Sadikin dan rombongan tiba sekitar pulul 08.02 WITA menggunakan maskapai Batik Air. Rombongan disambut Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Sofian Ibrahim, perwakilan Forkopimda, serta perwakilan pimpinan OPD lainnya.

Mopotilolo adalah rangkaian adat dalam rangka menyambut setiap pejabat tinggi Negara yang baru pertama kali datang ke Gorontalo. Adat ini adalah tanda memperoleh restu dari masyarakat dan bebas bertugas di Gorontalo. Penyambutan dilaksanakan oleh para pemangku adat U Duluwo Limo Lo Pohalaa (dewan adat dari lima negeri adat Gorontalo).

BACA JUGA :  Operasi Pekat Otanaha I 2024: Enam Remaja Ditangkap Polresta Gorontalo Kota karena Pesta Miras di Kos

Penyambutan adat Mopotilolo diiringi tabuhan genderang adat dan tarian Longgo atau tarian perang Gorontalo. Setibanya di ruang VIP, prosesi Mopotilolo dimulai dengan persembahan adat berupa minuman dan makanan tradisional.

Prosesi dilanjutkan dengan pengucapan petuah adat dan diakhiri dengan pembacaan doa untuk memohon keselamatan dan kesehatan selama Menkes dan rombongan yang bertugas di Gorontalo.

BACA JUGA :  Heri Wahyudi Resmi Dilantik Sebagai Pj. Bupati Batu Bara

Kunjungan kerja Menkes Budi di Provinsi Gorontalo berlangsung selama satu hari. Agenda yang akan mencakup Menkes adalah membuka Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakesda) tingkat Provinsi Gorontalo di Hotel Aston, berikutnya meninjau Poltekes Gorontalo dan RSAS Aloe Saboe Kota Gorontalo. Agenda kunjungan selanjutnya ke Puskesmas Kota Tengah dan terkahir adalah Memberikan Perayaan pada Groundbreaking pembangunan gedung rawat inap RSUD dr. Hasri Ainun Habibie, di Limboto.

BACA JUGA :  Komisi I DPRD Gorontalo Pertimbangkan Tukar Guling Tanah dengan TNI AU di Dua Bandara

Menkes Budi dijadwalkan kembali ke Jakarta siang hari menggunakan pesawat Garuda Indonesia.