Dinas Terkait Diminta Pantau Barito di Sejumlah Pasar

Ilsutrasi Pasar Mingguan di Kabupaten Bone Bolango

Bonebol,(MEDGO.ID)-Menjelang bulan suci Ramadhan, kebutuhan akan bahan-bahan pokok seperti bawang-rica-tomat (barito), menjadi perhatian tersendiri di jajaran Komisi III DPRD Bone Bolango, untuk dicek ketersediaan stok, maupun harga-nya di sejumlah pasar. dengan meninjau aktivitas jual-beli di pasar mingguan di Kecamatan Kabila, Kabupaten Bone Bolango , Jumat (24/4).

“Hal ini dilakukan sebagai antisipasi melonjaknya harga kebutuhan bahan pokok menjelang tibanya bulan Ramadhan,” kata Tahir, disela-sela kunjungan lapangan komisi-nya.Lokasi yang menjadi target dalam pemantauan yakni lokasi pasar yang menjual kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, sayuran, telur, daging ayam dan daging sapi.Kekhawatiran terjadinya lonjakan harga bagi masyarakat sangat beralasan, karena momentum rutin jelang ramadhan saat ini bersamaan dengan terjadinya wabah virus corona (COVID-19) yang mengharuskan warga berdiam diri di rumah.

Dengan himbauan agar masyarakat berdiam di rumah, dimungkinkan akan terjadi lonjakan permintaan untuk persediaan bahan pangan di rumah, sehingga harga menjadi mahal.Dari pantauan Komisi III diketahui, dengan melihat trend kenaikan harga barito pekan kemarin normalnya di kisaran Rp 40 ribu per kg. Namun saat kunjungan ke pasar mingguan Kabila harga bervariasi, ada yang Rp 40 ribu per kg, adapula yang dijual Rp 60 ribu per kilo gram.

BACA JUGA :  3 Hari Proses Pencarian, Akhirnya Bocah Hanyut di Sungai Bolango Berhasil Ditemukan

”Harga barito bervariasi. Disebabkan oleh jenis tanaman cabe,” ungkap politisi Gerindra Tahir Badu. “Namun, kami berkesimpulan bahwa harga cabe, bawang dan tomat masih normal saat menjelang bulan Ramadhan belum adanya lonjakan harga seperti pada akhir tahun 2019,”jelas Dia.(Adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here