Diharapkan Laboratorium UNG bantu Pemerintah Lakukan Tes Swab Covid-19

Rektor UNG Dr Eduart Wolok, ST MT, saat meninjau kesiapan Lab UNG dalam mendukung penanganan Covid-19 (Foto Humas UNG)

Gorontalo, (MEDGO.ID) – Universitas Negeri Gorontalo berinisiatif mengambil peran membantu Pemerintah Daerah dalam penanganan Wabah Virus Corona atau Covid-19, dengan menyediakan Laboratorium Tes PCR Covid-19 atau swab test Covid-19 sebagai uji spesimen untuk memastikan seseorang positif terjangkit virus corona atau tidak.

Rektor UNG Dr. Eduart Wolok, S,T M.T, mengatakan, kehadiran laboratorium tersebut sangat dibutuhkan guna membantu percepatan proses uji spesimen Covid-19 bagi masyarakat yang terpapar virus corona.

“Uji spesimen swab test covid-19 untuk masyarakat Gorontalo hanya dapat dilakukan dengan mengirimkan sampel ke Makassar melalui transportasi udara. Untuk mempercepat penanganan, Provinsi Gorontalo memerlukan fasilitas Laboratorium sendiri dan UNG siap untuk menyediakannya,” ungkap Rektor.

Menurut Rektor, UNG saat ini telah memikiki beberapa fasilitas pendukung utama dalam melakukan swap test diantara alat PCR (Polymerase Chain Reaction) terbaru dan tercanggih yang ada di Laboratorium Fakultas Pertanian.

Beberapa alat pendukung lain yang digunakan dalam swap test PCR Covid-19 juga telah di pesan dengan ditambah 1000 bahan uji dan APD yang akan digunakan oleh Tim Laboratorium UNG.

“Laboratorium sebagai tempat dilakukannya Tes PCR Covid-19 juga akan disiapkan sesuai standar dan prosedur berlaku. Tenaga Laboratorium juga sudah disiapkan dengan melibatkan Dosen dari beberapa Jurusan,” terangnya.

Langkah yang diambil UNG kata Rektor sangat penting untuk meminimalisir penyebaran virus corona di masyarakat, dengan mendeteksi secara cepat para penderta yang telah terpapar virus.

“Kesiapan Laboratorium terus dimatangkan dan tempatnya berlokasi di Kampus baru UNG Bone Bolango. Insyaallah kehadiran fasilitas Tes PCR Covid-19 dapat membatu Pemerintah Daerah dalam menangani secara cepat Virus Corona yang melanda masyarakat,” harap Rektor. (Adv/wahid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here