Dihadapan Mahasiswa, Plt. Bupati Bonebol Ungkap Pemicu Persoalan Kemiskinan

Kota Gorontalo, MEDGO.ID – Salah satu dari banyaknya permasalahan yang terus menjadi pekerjaan rumah pemerintah daerah adalah membangun Sumber Daya Manusia (SDM) secara merata. Seperti diketahui bahwa di antara pemicu permasalahan kemiskinan adalah rendahnya kualitas SDM.

Hal ini diutarakan Plt. Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli saat memberikan Beragam pada kegiatan pelantikan Rektor dan Pejabat Struktural Universitas Bina Mandiri Gorontalo (UBM) periode 2023-2027 dirangkaikan dengan ramah tamah wisudawan wisudawati program Diploma dan Sarjana tahun 2023, di Grand Palace Convention Center, Kamis (30/11 /2023).

Merlan menilai, selama ini urusan pengentasan kemiskinan hanya diletakan di atas bahu pemerintah semata. Namun kedepannya ia berharap, pemerintah daerah dan perguruan tinggi bahu-membahu membantu menjawab persoalan tersebut melalui program-program tri darma perguruan tinggi merdeka belajar.

Kredit Mobil Gorontalo

“Salah satu wujud komitmen kami pemerintah daerah dalam membangun kualitas SDM adalah konsisten mewujudkan kerja sama dengan Universitas Bina Mandiri Gorontalo,”ujar Merlan Uloli.

Terlebih, Merlan mengungkapkan, di Provinsi Gorontalo, Bone Bolango adalah satu-satunya kabupaten yang lolos menjadi mitra Kementerian Pendidikan Nasional melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) tahun 2023.

BACA JUGA :  Bimtek Penguatan Peran Deprov Gorontalo dalam Pembangunan: Lolly Yunus Ajak Anggota DPRD Aktif Berkontribusi

Saat ini di Kabupaten Bone Bolango, lanjutnya, tengah berlangsung elaksanaan program nasional Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang meliputi Mahasiswa Magang Bersertifikat (MSIB), program dosen magang, program maching fun, dan program KKN tematik.

BACA JUGA :  Kris Wartabone Memastikan Stok Gas Elpiji 3 Kg Tersedia Jelang Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah

“Program ini melibatkan 39 perguruan tinggi yang berasal dari berbagai wilayah di seluruh Indonesia. Salah satunya adalah Universitas Bina Mandiri yang 2 orang mahasiswanya menjadi peserta,”terang Bupati perempuan pertama di Bone Bolango itu.

BACA JUGA :  KPU Lakukan PSU di Poowo Barat setelah Temukan Ketidaksesuaian

Untuk itu, orang nomor satu di Kabupaten Bone Bolango itu, mengajak seluruh pemangku kepentingan, khususnya UBM untuk mengambil peran penting dalam proses menciptakan SDM yang handal. Mahasiswa berperan melakukan pemecahan masalah di masyarakat melalui penciptaan inovasi dan teknologi.

“Saya mengenal UMB sebagai salah satu perguruan tinggi swasta terbesar di Provinsi Gorontalo. Dimana kontribusi tridarma-nya telah berdampak positif terhadap pembangunan di Bone Bolango. Tentunya, eksistensi perguruan tinggi akan terus dibutuhkan pemerintah daerah, dalam menjawab berbagai tantangan pembangunan dewasa ini,” beber Merlan.