Desa Berinovasi Binaan UNG, Siap Diresmikan Wapres KH Ma’ruf Amin

Penyerahan Dokumen Model Tata Kelola Desa dari Rektor UNG kepada Menteri Desa PDT

Jakarta,  (MEDGO) — Jika tak ada aral melintang, Wapres RI KH. Ma’ruf Amin akan meresmikan Desa Berinovasi di Dusun Tumba, Desa Tamaila Utara, Kecamatan Tolangohula secara virtual. Rencananya, peluncuran ini akan dirangkaikan dalam Hari Kebangkitan Teknologi Nasional yang jatuh pada 10 Agustus 2020.

Rektor Universitas Negeri Gorontalo, Dr Eduart Wolok, menegaskan jika Dusun Tumba adalah program inovasi kolaboratif dari berbagai lembaga seperti GSF, UNG, UNDP dan banyak lembaga. Program ini disupport langsung oleh Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kemenristek BRIN, dan Bakti.

“Saya dihubungi Pak Mentri Desa Gus Halim minggu lalu, Gus Halim melalui Staf Khususnya menanyakan jika ada program inovasi berbasis perdesaan yang dibina Universitas Negeri Gorontalo. Langsung saya jawab ada Dusun Tumba. Gus Mentri pun menyampaikan jika Dusun Tumba akan ditetapkan menjadi Desa Berinovasi yang akan diluncurkan Wakil Presiden”., jelas Eduart Wolok.

Menurut Eduart, keunikan Dusun Tumba karena berada di daerah yang tidak ada listrik dan sinyal telepon, khususnya internet. Kini, Dusun Tumba telah dialiri listrik dan memiliki koneksi internet. Masyarakat pun sangat senang dan bahagia dengan program tersebut.

“Bagi kami di UNG, hal ini menjadi bagian dari agenda desa di kawasan Teluk Tomini dan Utara Indonesia. Kami bersyukur bisa mendapat support langsung dari Kemendesa PDT. Bahkan, tim dari Kemendesa PDT telah berada di Dusun Tumba sejak 10 hari lalu. Direktur PUED Nugroho dan Staf Khusus Mentri Pak Dodik sejak selesai Idul Adha sudah tiba di Gorontalo dan bersama-sama menyiapkan program ini. Tim dari Kemenristek BRIN dan Bakti pun ikut serta dalam kegiatan kami ini”. tegas Eduart Wolok. (Humas UNG)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here