Deprov Ungkap Capaian Pembangunan Gorontalo Menuju Kemajuan yang Lebih Baik

Kota Gorontalo, MEDGO.ID – Hari ini, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Gorontalo menerima Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) tahun 2023 dari Pemerintah Provinsi Gorontalo. Pertemuan ini dilangsungkan di ruang rapat paripurna pada hari Senin (04/03).

LKPJ yang disampaikan oleh Penjagub Ismail menyoroti sejumlah pencapaian penting dalam pembangunan daerah sepanjang tahun 2023. Salah satu sorotan utama adalah pertumbuhan ekonomi yang mencapai 4,50 persen, menandai peningkatan yang menggembirakan dibandingkan tahun sebelumnya. Angka kemiskinan ekstrem juga menunjukkan penurunan yang signifikan, turun menjadi 2,48 persen dari 4,28 persen pada tahun sebelumnya.

Selain itu, LKPJ juga mencatat penurunan angka penduduk miskin sebesar 0,36 persen menjadi 15,15 persen. Indeks Gini Provinsi Gorontalo juga menunjukkan penurunan, mencapai 0,417 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang berada di angka 0,423 persen. Sementara itu, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mencatat kenaikan yang signifikan sebesar 0,89 persen, mencapai angka 71,25 persen.

Kredit Mobil Gorontalo

Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, Paris R.A Jusuf, menyambut baik capaian pembangunan yang signifikan tersebut, sambil memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat.

“Capaian yang telah diraih menunjukkan komitmen yang kuat dari pemerintah dan kerja keras seluruh instansi terkait dalam mewujudkan visi pembangunan Provinsi Gorontalo yang lebih baik,” ujar Paris

BACA JUGA :  Pasukan Kuning DLH Kota Gorontalo Beraksi: Pasar Senggol Bersih dari Sampah di Hari Raya

Meskipun demikian, Paris juga menegaskan bahwa masih ada ruang untuk perbaikan dan peningkatan lebih lanjut. Dia mengajak semua pihak terkait untuk terus bekerja keras dan berkolaborasi guna mencapai tujuan pembangunan yang lebih luas.

BACA JUGA :  Wakil Ketua DPRD Gorontalo dan Bupati Nelson Pomalingo Bersatu dalam Silaturahmi Idul Fitri

Dengan penerimaan LKPJ tahun 2023, DPRD Provinsi Gorontalo menegaskan komitmennya untuk terus mendukung dan mengawasi pelaksanaan program-program pembangunan demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Gorontalo.

“Penerimaan LKPJ ini menjadi langkah awal dalam mengevaluasi pencapaian tahun sebelumnya dan merumuskan strategi untuk pembangunan yang lebih baik di masa mendatang,” tandasnya. (IH)