Dari Hasil Rapat Amalia Ramadhan, Besaran Zakat Fitrah Kabupaten Pohuwato Sebesar 40.000/Jiwa

 

 

 

POHUWATO, MEDGO.ID – Besaran zakat fitrah untuk Kabupaten Pohuwato telah ditetapkan sebesar Rp.40.000/jiwa. Penetapan itu sebagaimana hasil rapat amalia ramadan yang dipimpin Sekda Pohuwato, Iskandar Datau dan didampingi Asisten Pemkesra, Arman Mohamad, Senin, (04/03/2024) kemarin.

 

Rapat yang berlangsung di Aula Dinas PUPR itu diikuti unsur Kemenag Pohuwato, pimpinan OPD, Kadhi Pohuwato, Ketua MUI Pohuwato, Baznas, PHBI, para kabag, camat, Pimpinan BUMN/BUMD, dan lembaga adat.

 

Sekda Iskandar menjelaskan, setiap menyambut bulan suci ramadan kita selalu menggelar pertemuan terkait dengan kegiatan amaliah di bulan ramadan. Sama halnya dengan tahun-tahun lalu, saat ini juga kita kembali menggelarnya dalam artian semua kegiatan di bulan ramadan 1445 Hijriah kita sepekati bersama.

Kredit Mobil Gorontalo

 

BACA JUGA :  Memastikan Apa Sudah Steril, Bupati Saipul Sambut Tim Kepresidenan RI

“Alhamdulillah, dalam rapat ini semua kita telah sepakat dengan kegiatan selama bulan puasa, dan terpenting adalah penetapan zakat fitrah. Karena zakat fitrah yang menjadi wajib bagi umat islam tentu sangat dinantikan, apalagi di Kabupaten Pohuwato sebelum ramadan pemerintah daerah bersama unsur terkait telah menetapkannya sebelum bupan puasa”,jelas sekda.

 

Menurutnya, besaran zakat fitrah ini diukur dari beras atau makanan pokok seberat 2,5 kg atau 3,5 liter perjiwa yang disetarakan dengan harga beras Rp.16.000 perkilo gram. Dengan demikian, sesuai hasil rapat tersebut besaran zakat firah untuk ramadan tahun ini sebesar Rp.40.000.

BACA JUGA :  Persiapan Menyambut Kunker Presiden Jokowi, Pemda Pohuwato Sudah Sangat Siap 

 

“Kami harap kepada camat dapat meneruskan besaran zakat fitrah ini ke seluruh masjid sesuai wilayah masing-masing”,ungkap Iskandar.

 

Selain itu, pada rapat itu juga telah dibahas penetapan tonggeyamo penentuan 1 ramadan pada Minggu, 10 Maret atau setelah mendengar hasil sidang isbat oleh Kementerian Agama RI. Kemudian jadwal buka puasa di Masjid Agung Baiturrahim turut dibahas pula. Bahkan safari ramadan pemda ke kecamatan-kecamatan telah ditetapkan yang insyaallah dimulai pada hari keempat bulan puasa.

 

Selanjutnya kegiatan nuzul qur’an yang setiap malam ke-17 bulan ramadan diingatkan pula, karena malam nuzulul qur’an adalah peristiwa di mana kitab suci Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril.

BACA JUGA :  Persiapan Menyambut Kunker Presiden Jokowi, Pemda Pohuwato Sudah Sangat Siap 

 

Terakhir, tumbilotohe atau malam pasang lampu yang menjadi tradisi masyarakat Gorontalo pada malam ke-27 ramadan tak lupa disampaikan juga, dan paling akhir adalah tonggeyamo 1 Syawal yang rencananya akan dilaksanakan bersamaan dengan sidang isbat penentuan 1 Syawal oleh Kementerian Agama RI.

 

“Semua ini adalah rangkaian kegiatan selama bulan ramadan yang dilaksanakan di Kabupaten Pohuwato. Olehnya melalui rapat ini kiranya apa yang dibahas menjadi catatan untuk ditindaklanjuti dan dilaksanakan bersama”,harap Sekda Iskandar Datau.