Deprov Gorontalo Dorong Pengembangan IKM di Kabupaten Bone Bolango

Bonebol, MEDGO.ID — Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Gorontalo, Warsito Simawiyono, secara tegas mendorong pengembangan industri kecil menengah (IKM) di Kabupaten Bone Bolango.

Dalam kunjungan kerja yang dilakukan oleh Komisi II DPRD ke kabupaten tersebut, Warsito menyampaikan keyakinannya bahwa bantuan yang diberikan melalui Program IKM dapat memberikan penguatan modal bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM), yang pada gilirannya akan menggerakkan pertumbuhan ekonomi lokal.

“Sangat penting untuk memberikan dukungan yang kuat kepada UMKM melalui Program IKM ini. Dukungan ini bertujuan untuk memberikan penguatan modal kepada mereka,” ujar Warsito, menegaskan komitmennya dalam mendorong sektor UMKM di wilayah tersebut, Sabtu (17/03).

Kredit Mobil Gorontalo

Selama kunjungan kerja tersebut, anggota DPRD tersebut turut mengamati hasil positif yang telah terlihat dari aktivitas UMKM selama bulan Ramadhan dan persiapan menyambut Idul Fitri. Menurut Warsito, bulan Ramadhan dan Idul Fitri tidak hanya menjadi momen penting dalam aspek keagamaan, tetapi juga menjadi momentum ekonomi yang signifikan bagi UMKM.

“Dari hasil pantauan kami, aktivitas UMKM selama bulan Ramadhan dan persiapan Idul Fitri terbilang cukup baik. Mereka mendapatkan aktivitas dalam rangka penyediaan pesanan-pesanan warga masyarakat. Hal ini menunjukkan potensi besar yang dimiliki oleh sektor UMKM dalam mendukung ekonomi lokal,” papar Warsito.

BACA JUGA :  Penjagub Sambut Kedatangan Presiden Jokowi di Gorontalo

Lebih lanjut, Warsito menyoroti peran penting IKM dalam menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat setempat. “Kami melihat ada penyediaan lapangan kerja bagi masyarakat yang ingin bekerja. Ini adalah indikasi positif bahwa IKM tidak hanya menjadi penggerak ekonomi, tetapi juga membuka peluang bagi masyarakat untuk mendapatkan mata pencaharian,” tambahnya.

BACA JUGA :  Presiden Jokowi Dorong Kemandirian Pangan dengan Peningkatan Produksi Jagung

Namun demikian, Warsito juga menyadari bahwa pengembangan IKM memerlukan dukungan lebih lanjut dari pemerintah, terutama dalam hal perizinan dan infrastruktur. “Kami berharap adanya campur tangan dari Pemerintah untuk memberikan dukungan dari segi perizinan, khususnya bagi usaha IKM. Mereka perlu diberikan penguatan, baik dari segi permodalan maupun infrastruktur produksi,” jelas Warsito.

BACA JUGA :  Sambut Menteri Perhubungan Untuk Resmikan Bandara Panua Pohuwato

Dengan demikian, DPRD Provinsi Gorontalo berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan sektor UMKM melalui Program IKM ini, dengan harapan dapat memberikan dampak positif yang lebih luas bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Bone Bolango. (IH)