Demak Raih Dua Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik

Sekda Demak dokter Singgih Setyono MMR menerima penghargaan nasional dari Menpan RB Tjahjo Kumolo atas prestasi Pengelola Sistem Pengaduan Pelayanan Publik terbaik (Foto: Istimewa)

JAKARTA, MEDGO.ID – Pemerintah Kabupaten Demak meraih dua penghargaan nasional dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Penghargaan diserahkan Menpan RB Tjahjo Kumolo kepada Sekda Demak dokter Singgih Setyono MMR di Gedung Tribrata Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (25/11).
Kedua penghargaan itu diperoleh di dua kompetisi berbeda. Yaitu pada gelaran kompetisi SP4N LAPOR (Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional / Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat), Pemkab Demak ditetapkan menjadi yang terbaik dalam Pengelola Sistem Pengaduan Pelayanan Publik.

Pada kompetisi top 45 inovasi pelayanan publik, Puskesmas Bonang II melalui program Cengkaram Mata Elang (CME) juga meraih prestasi terbaik.

BACA JUGA :  Dirut PT PBI: Vaksin Merah Putih Mulai Diproduksi Semester Dua Tahun 2022

Sekda Demak Singgih Setyono menuturkan, Pemkab Demak memiliki komitmen dan perhatian serius terhadap upaya memberikan layanan publik yang terbaik. Sehingga, sejumlah upaya telah dilakukan dengan melibatkan semua OPD dan instansi samping.

Diakui, sebelum ada penerapan SP4N LAPOR di Kabupaten Demak terdapat sejumlah masalah terkait pelayanan publik. Mulai dari tingginya aduan pelayanan publik, lambatnya respons OPD dalam menjawab aduan, dan belum adanya sistem layanan yang cepat, sistematis dan terukur.

BACA JUGA :  Pesantren Akan Segera Peroleh Kucuran Dana

Sementara masyarakat menginginkan pemerintah memberikan pelayanan cepat, mudah, murah berkualitas dan berkesinambungan.

“Penerapan SP4N LAPOR di Kabupaten Demak terbukti dapat menjawab masalah-masalah yang muncul tersebut,” terangnya.

Semua aduan masyarakat dapat langsung direspons oleh OPD atau instansi terkait. Ini karena aduan yang masuk melalui SP4N LAPOR terkelola dengan baik dan terhubung dengan banyak media. Respons dan tindaklanjut pun menjadi lebih cepat, tepat dan tuntas.

Hingga pertengahan tahun 2020, terdapat 173 aduan, dan tingkat penyelesaian tindak lanjut mencapai 100%. Kondisi itu membuat indeks kepuasan masyarakat atas pelayanan publik meningkat signifikan.

BACA JUGA :  Djafar Badjeber: Manufer Kapal China,  Harus Ditindak Tegas

Inovasi konektivitas layanan SP4N LAPOR Pemkab Demak dapat diakses melalui sejumlah kanal, baik media sosial facebook, twitter, kemudian link website OPD dan PPID, juga bisa http://hallodemak.lapor.go.id.

Namun demikian bagi yang menginginkan aduan tatap muka juga difasilitasi melalui buka lapak dan mobil keliling SP4N LAPOR yang biasanya terdapat di pusat keramaian di wilayah Kabupaten Demak.

Sekretaris Kemenpan RI, Dwi Wahyu Atmadji, mengapresiasi prestasi Pemkab Demak. Menurutnya gelaran kompetisi tersebut mampu mendorong pemerintahan provinsi, dan kabupaten/kota memiliki terbosoan dalam meningkatkan pelayanan publik. (Rls/MDG)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here