Dalam 2 Hari Terjadi 3 Bencana Tanah Longsor Di 3 Lokasi Yang Berbeda

KENDAL, MEDGO.ID – Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, yang mengguyur wilayah Kecamatan Singorojo, Limbangan dan Sukorejo di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, telah mengakibatkan bencana alam berupa tanah longsor.

Informasi yang berhasil dihimpun dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal, Minggu (27/6/2021), hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang terjadi pada Jum’at 25 Juni 2021, sejak siang hingga sore hari, telah mengakibatkan longsor dan amblasnya jalan utama yang menghubungkan Desa Cening dengan Desa Kaliputih, Kecamatan Singorojo, sehingga tidak bisa dilalui, khususnya kendaraan roda empat.

Budi Raharjo, Kepala Desa Cening, Minggu (27/6/2021), mengatakan bahwa amblasnya jalan utama tersebut terjadi hari Sabtu (26/6/2021) sekitar pukul 01.00 WIB, juga telah mengakibatkan ambruknya tiang listrik dan menyebabkan terputusnya aliran listrik ke Desa Cening.

BACA JUGA :  Bupati Wonogiri: Bendungan Pidekso Ubah Lahan Tadah Hujan Jadi Irigasi Teknis

“Saat ini, warga bersama anggota Destana Desa Cening, tengah melakukan kerja bakti untuk penanganan darurat akses jalan yang amblas, dan petugas dari PLN sedang berusaha untuk memperbaiki jaringan listrik”, kata Budi.

Atas kejadian bencana tersebut, Minggu (27/6/2021), Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kendal, Ir. Sugiono, langsung meninjau lokasi jalan yang longsor dan amblas, di Desa Kedungboto dan Desa Cening.

BACA JUGA :  Bupati Wonogiri: Bendungan Pidekso Ubah Lahan Tadah Hujan Jadi Irigasi Teknis

“Untuk langkah perbaikan jalan yang longsor dan amblas, kita akan mendatangkan alat berat. Saat ini masih dalam perjalanan menuju lokasi longsor”, kata Ir. Sugiono.

Selain itu, jalan utama yang menghubungkan Desa Cening dan Kedungboto di Kecamatan Limbangan, juga mengalami longsor dan amblas pada Kamis 24 Juni 2021.

Menurut penuturan dari Sriwulan, Sekdes Kedungboto, jalan yang longsor dan amblas tersebut tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda 4.
“Lokasi longsor tepatnya berada di Dusun Watulawang”, kata Sriwulan, Sabtu (26/6/2021).

BACA JUGA :  Walikota Semarang Ajak Anak Muda Berinvestasi Nama

Sementara itu, bencana tanah longsor juga terjadi di Desa Bringsari Kecamatan Sukorejo, Sabtu (26/6/2021).

Lokasi bencana tanah longsor tersebut berada di Dusun Plalar RT.01 RW.03, Desa Bringsari, Kecamatan Sukorejo, yang disebabkan oleh longsornya tebing setinggi 4 meter dengan panjang 10 meter, dan telah mengakibatkan 1 unit rumah milk Sumi mengalami kerusakan pada bagian kamar mandi. (*).
Pewarta: Adang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here