Cara Memperlancar Haid Secara Alami dan Tanpa Efek Samping 

Cara Memperlancar Haid
Cara Memperlancar Haid :metro.co.uk

Cara memperlancar haid dapat dilakukan dengan cara alami dan mudah. Pada wanita yang siklus menstruasinya tidak menentu dan sering tidak teratur, menjadi hal yang membuat tidak nyaman.

Normalnya haid tersebut datang setiap 21-35 hari sekali. Jika wanita tidak mengalami waktu tersebut, maka disebut dengan telat haid. Pemicu telat haid umumnya bermacam-macam. Bisa dari stress, gangguan hormonal, dan gaya hidup seseorang.

Cara Memperlancar Haid
metro.co.uk

Simak Cara Memperlancar Haid Paling Tepat dan Alami

Bila anda mengalami hal tersebut, sebaiknya anda menerapkan cara melancarkan haid berikut

Mandi Air Hangat

Cara pertama yang dilakukan adalah dengan mandi air hangat.  Air panas dapat memberikan rasa rileks pada tubuh dan meredakan stress fisik anda.

Stress merupakan salah satu pemicu anda telat haid. Anda dapat mencoba acara tersebut sambil memijat kaki, lengan, kulit, dan wajah ketika mandi.

Cara memperlancar haid yakni dengan melakukan pijatan, maka peredaran darah anda semakin lancar. Sehingga membantu kelancaran haid.

BACA JUGA :  Begini Penampakan Rumah Sakit Rujukan Covid19 di DKI Jakarta

Mengkonsumsi Vitamin D

Tahukah anda, vitamin D membantu tubuh anda dalam penyerapan kalsium dalam usus. Vitamin D tersebut membantu mengatur ovulasi agar selalu teratur.

Telat haid muncul karena sindrom ovarium polikistik atau PCOS. Sedangkan suplemen vitamin D, metformin, dan kalsium dapat melancarkan haid dengan PCOS.

Anda dapat berjemur pada pagi hari jam 7 hingga 8 selama kurang lebih 10-15 menit sehari untuk mendapatkan vitamin D. Selain itu, anda dapat mengkonsumsi makanan dan suplemen vitamin D yang terbaik.

Istirahat Cukup

Ketika anda cepat lelah, stress, dan capek fisik, maka cara memperlancar haid adalah istirahat dengan teratur dan berkualitas.

Dengan cukup istirahat, maka haid anda akan semakin lancar. Hentikan kebiasaan tidur terlalu larut atau begadang. Sehingga anda mendapatkan tubuh dan pikiran yang fresh.

Optimalkan tidur selama 7 hingga 8 jam dalam semalam. Meredupkan lampu dan berikan suhu kamar yang nyaman agar anda mendapatkan tidur berkualitas dan nyenyak. Hindari minuman berkafein yang menyebabkan anda susah mengantuk.

BACA JUGA :  Jangan Abai Jika Warna Urin Berwarna Gelap Atau Keruh

Mengompres Dengan Air Hangat

Selain cara diatas, anda dapat menerapkan cara pengompresan area perut dengan air panas. Kompresan tersebut mampu memberikan rasa rileks dan melemaskan otot perut.

Cara memperlancar haid tersebut mampu merangsang aliran darah rahim sehingga semakin lancar. Selain itu, anda dapat melakukan hal tersebut saat nyeri menyerang. Maka anda akan memperoleh rasa nyaman.

Berolahraga

Dengan berolahraga, badan anda semakin fit. Selain itu, berolahraga memberikan peningkatan aliran darah yang lancar. Namun anda tidak perlu berolahraga berat. Karena hal tersebut justru memicu kelelahan.

Pilihlah olahraga yang ringan seperti lari, meditasi, gerak senam ringan, dan lainnya. Olahraga mampu mengembalikan siklus menstruasi anda mencari teratur kembali.

Minum Teh Peterseli

Peterseli dipercaya mampu melancarkan haid karena mengandung apiol dan myristicin. Bahkan peterseli memiliki nutrisi berupa serat, folat, kalium, antioksidan, dan vitamin.

BACA JUGA :  'Yompimpah' Yoghurt Rempah-Rempah Peningkat Imunitas

Cara memperlancar haid yakni menyeduh peterseli tersebut dengan 2-4 cangkir per hari. Tuang rebusan peterseli dan diamkan 5 menit. Kemudian saring dan anda minum secara teratur.

Menjaga Berat Badan Sehat

Mulailah menjaga berat badan anda dan membiasakan makan makanan sehat. Perbanyak makan sayur dan buah agar tubuh anda tercukupi vitamin maupun mineralnya. Sehingga anda akan mendapatkan siklus menstruasi yang teratur.

Mengganti Alat Kontrasepsi

Bagi wanita yang sudah menikah, penggunaan alat kontrasepsi menjadi pengaruh kelancaran haid. Hal ini karena adanya ketidakcocokan alat kontrasepsinya.

Anda dapat konsultasi dengan dokter maupun bidan tentang masalah kesehatan anda. Lalu mengganti ke alat kontrasepsi baru. Dengan mengetahui cara memperlancar haid tersebut, anda dapat mengatasi masalah siklus menstruasi anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here