Bupati Saipul Hadiri Peresmian Agrowisata Buah Tirta Rahayu Di Provinsi Sulteng 

 

POHUWATO, MEDGO.ID – Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga menghadiri peresmian agrowisata buah tirta rahayu di Tugu Garuda, Desa Ogorandu, Kecamatan Bolano Lambunu, Kabupaten Parigi-Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah, Minggu, (28/01/2024).

 

Peresmian yang dihadiri Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura, Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulteng, Wakapolda Sulteng, Danrem 132 Tadulako, Pj. Bupati Parimo, Sekjen Asosiasi Durian Nusantara, serta pemilik agrowisata buah tirta rahayu, kebuh durian Ogorandu, I Ketut Kari dan diawali dengan penyambutan dan pengalungan bunga, kemudian disambut dengan tari bali dan tari pamonte.

 

BACA JUGA :  Pastikan Keamanan Arus Mudik Lebaran, Pj. Bupati Batu Bara Cek Pospam dan Posyan

Diketahui, Desa Ogorandu dipilih sebagai lokasi untuk agrowisata buah karena kekayaan alamnya yang melimpah, serta potensi untuk mengembangkan destinasi pariwisata yang ramah lingkungan.

Kredit Mobil Gorontalo

 

Dikonfirmasi, Bupati Saipul Mbuinga menyampaikan apresiasinya atas inisiatif yang dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat Desa Ogorandu dalam mengembangkan sektor pertanian dan pariwisata.

 

“Dengan dibukanya agrowisata buah di Desa Ogorandu, ini merupakan langkah yang sangat positif dalam memajukan sektor pertanian dan pariwisata di Kabupaten Parimo. Kita dapat melihat betapa potensi alam yang dimiliki Desa Ogorandu mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara”,ujar Saipul.

BACA JUGA :  Hari ke-2 Idul Fitri, Pj. Bupati Batu Bara Hadiri Open House Gubernur Sumatera Utara

 

Selanjutnya, kata Bupati Saipul Mbuinga, Parimo memiliki potensi di sektor pertanian antara lain tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan. Kabupaten parimo dengan jenis varietas durian lokal dan varietas unggulan nasional dan pemasarannya telah menembus pasar nusantara serta sampai manca negara.

BACA JUGA :  Pj Bupati Batu Bara Beri Bantuan Protein Hewani Sebanyak Empat Ribu Bungkus

 

“Tentu ini sangat luar biasa, kami sangat mengapresiasi. Ini bisa jadi langkah awal kita dalam mengembangkan tanaman durian khususnya di beberapa wilayah di Pohuwato yang potensial dengan tanaman durian”,ungkapnya.

 

Usai menyaksikan pengguntingan pita tanda diresmikannya agrowisata buah di Desa Ogorandu, Bupati Saipul Mbuinga berkesempatan melakukan penanaman pohon durian bersama Gubernur Sulteng dan Pj. Bupati Parimo.