Bupati Asahan Gelar Festival Sinandong Asahan di Museum Gedung Juan 45

ASAHAN, MEDGO.ID – Bupati Asahan yang di wakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Asahan membuka Festival Sinandong Asahan di Museum/Gedung Juang 45 Kabupaten Asahan, Senin (6/3/2023).

Kadis Pendidikan Kabupaten Asahan Drs. H. Supriyanto menyampaikan maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan seni dan budaya Kabupaten Asahan.

“Adapun peserta Sinandong Asahan ini berjumlah 52 orang yang merupakan perwakilan dari berbagai sekolah,” bebernya.

Kredit Mobil Gorontalo

Dirinya juga menyampaikan bahwa kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut merupakan salah satu rangkaian dalam memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Asahan.

Sementara Sekda Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution menyampaikan bahwa festival Sinandong ini sangatlah strategis karena melalui kegiatan ini dapat melahirkan talenta-talenta serta meningkatkan apresiasi terhadap ekspresi seni budaya.

BACA JUGA :  Diskominfotik Gelar Evaluasi Peyengggaraan Statistik. Rifli : EPSE Untuk Mengukur Pelayanan

“Festival ini juga merupakan ajang untuk menimba ilmu dan memahami nilai-nilai seni budaya bangsa Indonesia khususnya seni dan budaya Kabupaten Asahan dengan berbagai macam latar belakang agama, suku, adat dan budaya,” kata Sekda.

BACA JUGA :  Diskominfotik Gelar Evaluasi Peyengggaraan Statistik. Rifli : EPSE Untuk Mengukur Pelayanan

Sekda juga mengatakan, usaha-usaha pelestarian budaya memang tidak selalu berjalan mulus, banyak kendala sebagaimana dirasakan seluruh lapisan masyarakat dalam usaha pelestarian lainnya.

“Seperti urbanisasi, modernisasi, globalisasi dan tumbuhnya kota-kota industri yang telah mengancam keberadaan warisan budaya,” pungkasnya.

BACA JUGA :  Diskominfotik Gelar Evaluasi Peyengggaraan Statistik. Rifli : EPSE Untuk Mengukur Pelayanan

Terakhir Sekda berharap, Festival Sinandong Asahan yang di gelar kali ini mampu merangsang masyarakat Asahan untuk memelihara kebudayaannya.

Turut hadir Ketua TP-PKK Kabupaten Asahan, Ketua Dharma Wanita Persatuan Asahan, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan, Para Kepala Sekolah, Panitia Pelaksana dan Dewan Kebudayaan Kabupaten Asahan. (ZF)