Buka Fakultas Kedokteran, ITS Sebut akan Ada Sejumlah Jurusan Baru

JAKARTA  – Calon mahasiswa baru yang membidik fakultas kedokteran, akan segera memiliki lebih banyak pilihan perguruan tinggi negeri (PTN). Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kini telah memiliki fakultas baru, yaitu kedokteran dan kesehatan.

Fakultas tersebut nantinya akan mencakup tiga jurusan, yaitu teknologi kedokteran, kedokteran, dan pendidikan profesi dokter. Pihak kampus kini tengah menunggu diberikannya perizinan.

“Di bawah fakultas kedokteran dan kesehatan ini ada teknologi kedokteran, nanti ada kedokteran, (dan) pendidikan profesi dokter,” kata Kepala Subdirektorat Admisi ITS, Unggul Wasiwitono dalam Bahas Tuntas Seleksi Mandiri 2023 melalui YouTube ITS TV, Selasa (6/6/2023).

BACA JUGA :  Jelang Iduladha, Pemprov Gorontalo Gelar Pasar Murah

“Hanya saja untuk kedokteran, untuk kedokteran ini kami masih menunggu perizinan. Mohon doanya semoga dalam waktu dekat kami sudah dapat izin sehingga sudah bisa membuka atau menerima melalui jalur mandiri,” jelasnya.

Dari ketiga jurusan pionir Fakultas Kedokteran dan Kesehatan ITS, teknologi kedokteran sudah membuka penerimaan sejak tahun kemarin. “Mulai tahun kemarin juga sudah membuka penerimaan mahasiswa baru,” kata Unggul.

“Ada juga ini nanti ada tiga lagi prodi yang akan kita buka kalau sudah ada izin. Nanti akan langsung kita masukkan ke sistem,” ujarnya.

BACA JUGA :  Idul Adha 1445 H: Kota Gorontalo Sembelih 1.160 Hewan Kurban

Salah satu audiens sempat menanyakan, apakah Fakultas Kedokteran dan Kesehatan ITS sudah bisa membuka penerimaan mahasiswa baru pada seleksi mandiri tahun ini atau tidak. Mengenai hal ini, Unggul tidak dapat memastikan.

“Kalau itu, pastinya saya juga enggak bisa jawab, gitu ya. Informasinya itu di awal bulan ini akan ada visitasi dari LAM-PTKes (Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia),” ungkap Unggul.

BACA JUGA :  Kota Gorontalo Raih Peringkat Kedua TPID Award 2023 Wilayah Sulawesi

“Kalau lancar insyaAllah tahun ini kita membuka penerimaan mahasiswa baru. Mohon doanya aja prosesnya lancar (agar) tahun ini kita sudah bisa menerima mahasiswa baru sehingga ada tambahan pilihan bagi adik-adik semua,” tambah alumnus Hiroshima University itu.

Pada jalur mandiri ITS, ada tiga jenis seleksi yang dibuka yakni kemitraan, umum, dan prestasi. Jalur mandiri prestasi telah ditutup pada 31 Mei 2023 lalu. Sementara, seleksi mandiri kemitraan dan umum baru dibuka sejak Senin (5/6/2023) kemarin.(*)