Budidaya Udang Vaname Menjanjikan, Per Triwulan Produksi Capai 2 Ton

BONEBOL, MEDGO.ID — Budidaya udang vaname di Desa Tolotio, Kecamatan Bonepantai sangat menjanjikan. Terbukti per triwulan atau dalam jangka waktu 3 bulan hasil produksi mencapai 2 ton.

Bupati Bone Bolango, Hamim Pou mengungkapkan di lokasi tersebut pada awalnya membudidayakan 175 ribu ekor bibit udang vaname menggunakan wadah terpal.

“Diperkirakan hasil panen kali ini mencapai 2 ton. Jika dihitung harga pasar harganya 70 ribu per kilogram atau harga bersihnya 50ribu per kilogram hasilnya sudah bisa mencapai 100 juta rupiah,”ungkap Bupati Hamim Pou pada panen udang vaname di lokasi tambak Desa Tolotio, Kecamatan Bonepantai, Selasa (16/5/2023).

BACA JUGA :  Keindahan Burung Mandar Batu Menyemarakkan Danau Limboto

Bupati Bone Bolango dua periode itu pun berpesan kepada masyarakat yang ada di lokasi tersebut agar ulet, telaten dan sabar dalam membudidayakan udang vaname tersebut serta tidak selalu berharap bantuan dari Pemerintah Daerah.

“Kenyataannya hari ini ada beberapa tambak yang kami bangun disini tidak beroperasi karena masyarakat hanya menunggu bantuan dari pemerintah untuk beli bibit, pelet, hingga aliran listrik, padahal pemerintah sudah memfasilitasi sejak awal,”ujar Hamim.

BACA JUGA :  Gelar Bimtek Pemuktahiran Data Pemilih, Usman Dunda : Pantarlih Akan Datangi 113.943 Pemilih 

Untuk mengatasi ketergantungan terhadap bantuan dari Pemerintah Daerah, Hamim pun mengajak masyarakat untuk memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat yang ditawari oleh dunia perbankan yang nominalnya bisa mencapai 500 juta rupiah dengan bunga yang hanya berkisar diangka 6 persen.

BACA JUGA :  Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian Gelar Kuliah Tamu dan Diskusi Ilmiah Bersama BIG

“Jika masyarakat memanfaatkan ini dengan meminjam misalnya 100 juta rupiah, dalam setahun yang dikembalikan hanya 106 juta rupiah. Kita bisa hitung manfaatnya untuk masyarakat yang begitu besar,”pungkasnya. (Adv/IH)