BPBD Tanggap Cepat Atasi Genangan Air di Kota Gorontalo

Kota Gorontalo, MEDGO.ID — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Gorontalo menunjukkan respons tanggap dalam mengatasi banjir yang melanda sejumlah titik akibat curah hujan tinggi. Sejak Kamis (7/3/2024), tim BPBD di bawah koordinasi Rimbo Monoarfa telah melakukan upaya penanganan intensif.

Hujan deras yang turun sejak siang hingga sore menjelang Maghrib menyebabkan air meluap di beberapa drainase di Kota Gorontalo. Tanpa menunggu reda hujan, tim BPBD segera bergerak memulai penanganan di lapangan.

Genangan air terjadi di beberapa wilayah, termasuk Kelurahan Pulubala dan Tenilo, serta kompleks SMAN 3 Gorontalo dan MTs Al Ishlah. Di Kelurahan Pulubala, sejumlah rumah bahkan tergenang air hingga ke bagian dalam.

Kredit Mobil Gorontalo

Rimbo Monoarfa, Kepala Seksi BPBD Kota Gorontalo, menjelaskan bahwa upaya penanganan tidak hanya dilakukan untuk mengatasi genangan air, tetapi juga pembersihan pohon tumbang di Kelurahan Tanggikiki.

“Kami telah melakukan persiapan untuk mengantisipasi situasi ini sejak Kamis sore, dan sejumlah langkah penanganan telah kami lakukan,” ungkap Rimbo dalam wawancara.

BACA JUGA :  Kunjungan Jokowi di Gorontalo, Marten: Warga Antusias dengan Kedatangan Presiden

Rimbo juga menyoroti masalah sampah yang menjadi salah satu penyebab genangan air. Ia mengimbau agar masyarakat tidak lagi membuang sampah ke saluran atau sungai demi mencegah terjadinya banjir di masa mendatang.