Bandara Soekarno Hatta Tetap Beroperasi Meski Ada Larangan Mudik

Bandara Soekarno Hatta Tetap Beroperasi Meski Ada Larangan Mudik
Bandara Soekarno Hatta Tetap Beroperasi. Foto: Ist/Net

Jakarta, MEDGO.ID — Bandara Soekarno Hatta tetap beroperasi menjelang lebaran namun bertentangan dengan larangan pemerintah. Pemerintah akhirnya memutuskan larangan mudik lebaran pada tahun ini. Larangan mudik lebaran bukan tanpa alasan.

Contohnya dari negara lain seperti di eropa dan india. Saat libur panjang diizinkan, angka penularan Covid-19 semakin meningkat.

Alasan lainnya yaitu untuk memaksimalkan manfaat vaksinasi Covid-19 yang tengah dilakukan di berbagai daerah.

Pemerintah daerah menerima dan mendukung kebijakan larangan mudik pada libur lebaran tahun 2021. Namun bandara Soekarno Hatta tetap beroperasi.

Masyarakat seharusnya menaati peraturan pemerintah untuk tidak memaksa mudik ke kampung halaman.

BACA JUGA :  Yaa Ampun, Hanya DKI Yang Jujur Laporkan Kematian Warganya Akibat Covid19

Menurut pemerintah untuk memperingati hari raya lebaran cukup secara virtual bertemu dengan sanak saudara. Dengan cara ini juga dapat mencegah semakin melonjaknya penyebaran Covid-19.

Sementara itu banyak pihak meminta tegas dalam aturan larangan mudik. Pemerintah seharusnya melarang dengan tegas seluruh model transportasi, baik darat, laut, maupun udara.

Namun hal ini tumpang tindih dengan bandara yang masih beroperasi. Bandara Soekarno Hatta masih melayani penerbangan domestik maupun mancanegara hingga saat ini. Sehingga hal ini menyebabkan pro kontra di banyak pihak.

BACA JUGA :  Dari Ajang Olimpiade Tokyo 2020: Eko Yuli dan Windy Cantika Jaga Tradisi Medali Olimpiade

Pro Kontra Bandara Soekarno Hatta Vs Kebijakan Larangan Mudik

Mengenai kebijakan mudik lebaran tahun ini masih terdapat banyak tumpang tindih. Sehingga kurang sinergi dalam pelaksanaannya.

Tidak Hanya Transportasi Umum Namun Kendaraan Pribadi Harus Tegas Dilarang

Hal ini sering menjadi masalah pada umumnya. Karena kebijakan pemerintah yang hanya melarang transportasi umum seperti bandara Soekarno Hatta. Pada akhirnya, membuat masyarakat menggunakan kendaraan pribadi untuk pulang kampung.

Pemerintah Harus Memikirkan Bagaimana Cara Pengawasan yang Ketat

Terkait beroperasinya bandara Soekarno Hatta, pemerintah sudah melakukan banyak persiapan namun masih mengalami banyak perbedaan.

BACA JUGA :  Rachmat Gobel minta Menkes Tambah Fasilitas Oksigen RS Rujukan Covid-19 di Gorontalo

Contohnya di bagian transportasi darat yang masih belum bisa melakukan pengecekan terkait Covid-19. Sebenarnya pemerintah bisa memberlakukan tes Genose di terminal-terminal bus. Seperti yang sudah ada di banyak stasiun.

Koordinasi Antara Pemerintah Dengan Berbagai Aspek Masih Kurang

Hal tersebut terbukti dengan bandara Soekarno Hatta tetap beroperasi menjelang Ramadhan dan lebaran. Terkait hal tersebut, pihak bandara sudah mengkonfirmasi. Pihak bandara mengatakan bahwa mereka mengacu pada Surat Edaran No Tahun 2021. Namun satgas Covid-19 telah menyatakan adanya kebijakan baru mengenai mudik lebaran tahun ini.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here