Asal Mula Tarsius Maskot Asian Mini Football Championship 2023

Gorontalo, Medgo.ID — Tarsius Supriatnai merupakan salah satu satwa endemik Gorontalo yang menjadi maskot di ajang turnamen internasional Asian Mini Football Championship 2023 mendatang.

Asal mula pengambilan maskot tersebut, Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer menjelaskan, tarsius adalah jenis satwa unik dan menarik yang menjadi salah satu primata terkecil di dunia dengan berat maksimum 120 gram. Total ada 11 spesies Tarsius di Pulau Sulawesi dan spesies terakhir yang ditemukan pada tahun 2017 adalah Tarsius Supriatnai yang hanya hidup di hutan-hutan Gorontalo.

BACA JUGA :  Ketum PJS Minta Kapolri Turun Tangan Pada Kasus Dugaan Kriminalisasi Wartawan di Tidore

“Terkait penyelenggaraan Asian Mini Football Championship 2023 mendatang, kami memilih Tarsius Supriatnai sebagai maskot. Maskot ini kami beri nama Tarsilo yang merupakan singkatan Tarsius Gorontalo karena memang spesies ini hanya ada di Gorontalo,” jelas Hamka pada penetapan tuan rumah serta peluncuran maskot dan logo Asian Mini Football Championship 2023 di Hotel Aston, Kota Gorontalo, Jumat (16/9/2022).

BACA JUGA :  Aksi Pencurian dan Pembunuhan Nenek di Batubara, Ternyata Pelakunya Masih ABG

Hamka menuturkan, Tarsilo adalah satwa yang memiliki karakter cerdas dan tangkas, cepat dan tepat, waspada dan teliti, komunikatif, serta setia. Karakter Tarsilo inilah yang dijadikan sebagai alasan untuk menjadikannya sebagai maskot Asian Mini Football Championship 2023 yang dinilai mewakili spirit olahraga.

“Harapan kita bersama Gorontalo akan menjadi kota olahraga unggulan melalui berbagai kegiatan berskala internasional yang akan diselenggarakan tahun depan,” ujar Penjagub Hamka.

BACA JUGA :  Pemerintah Pastikan Program Konversi Kompor Listrik Belum Diberlakukan Tahun Ini

Pada kegiatan itu ditandai dengan penandatanganan kesepakatan dan komitmen penyelenggaraan Asian Mini Football Championship 2023 antara Penjagub Gorontalo, Hamka Hendra Noer, dengan Presiden Asian Mini Football Confederation (AMFC), Mohammad Alddausari, yang disaksikan Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali. Juga dilakukan penandatanganan dukungan dan komitmen bersama oleh bupati dan wali kota se Provinsi Gorontalo. (IH)