Anggaran APBD 2024, Merlan: Masih Didominasi Dana Transfer Pemerintah Pusat

Bonebol, MEDGO.ID – Komposisi APBD Kabupaten Bone Bolango tahun anggaran 2024 masih didominasi oleh dana transfer dari pemerintah pusat.

Hal tersebut disampaikan Plt. Bupati Merlan S. Uloli dalam pidatonya pada Rapat Paripurna DPRD Bone Bolango dalam rangka penjelasan pengantar nota keuangan atau pembicaraan tingkat I terhadap Ranperda tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bone Bolango tahun anggaran 2024, di ruang sidang DPRD setempat, Selasa (21/11/2023).

“Sebesar 84,82 persen sumber pendapatan atau APBD kita di Bone Bolango masih berasal dari dana transfer Pemerintah Pusat. Sementara 1,67 persen dari lain-lain pendapatan yang sah dan 10,78 persen berasal dari Pendapatan Asli Daerah (PAD),”kata Merlan Uloli.

Kredit Mobil Gorontalo

Pada kesempatan itu, Merlan menyampaikan rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bone Bolango tahun anggaran 2024. Ia menguraikan estimasi APBD Kabupaten Bone Bolango tahun anggaran 2024 dianggarkan sebesar Rp963,48.

Untuk pendapatan daerah di tahun 2024 terdiri dari pendapatan asli daerah (PAD) dianggarkan sebesar Rp103,8 miliar bersumber dari pendapatan pajak daerah sebesar Rp15,5 miliar, retribusi daerah sebesar Rp 12,3 miliar, hasil kekayaan daerah yang dipisahkan sebesar Rp2 miliar, serta lain-lain PAD yang sah sebesar Rp74,04 miliar.

BACA JUGA :  Proses Pengadaan Barang dan Jasa Diminta Sesuai Tatanan Masyarakat

Sementara itu, untuk pendapatan transfer dianggarkan sebesar Rp843,54 miliar terdiri dari transfer pemerintah pusat sebesar Rp817,24 miliar bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp496,69 miliar, Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp187,10 miliar, dana bagi hasil pajak/bukan pajak sebesar Rp6,09 miliar, dana desa sebesar Rp119,45 miliar, serta transfer antar daerah sebesar Rp26,30 miliar yang bersumber dari dana bagi hasil pajak dari provinsi.

BACA JUGA :  Bahaya Narkoba Diusulkan Jadi Sorotan Utama dalam Khutbah Jumat

“Selanjutnya untuk lain-lain pendapatan daerah yang sah dianggarkan sebesar Rp16,05 miliar yang bersumber dari pendapatan hibah,”urai orang nomor satu di Kabupaten Bone Bolango itu.
Kemudian, lanjut dia, untuk belanja daerah tahun 2024 direncanakan sebesar Rp949,79 miliar, terdiri dari belanja operasi, belanja modal, belanja tidak terduga dan belanja transfer.

BACA JUGA :  Pengukuhan Jabatan PNS di Gorontalo: Penjagub Mendorong Penempatan yang Sesuai Kebutuhan

”Dari sisi pembiayaan daerah tahun 2024, untuk pengeluaran pembiayaan dianggarkan sebesar Rp13,68 miliar untuk pembayaran pokok pinjaman utang,”sebut Merlan.

Di saat yang sama, Bupati perempuan pertama di Bone Bolango itu, berharap pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) APBD tahun anggaran 2024 ini dapat berjalan lancar dan tepat waktu.

“Saya yakin dan percaya bahwa kita semua dipayungi oleh semangat dan niat yang tulus dalam menyatukan gerak langkah bersama untuk membangun dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bone Bolango,”tutup Plt. Bupati Merlan Uloli.