Merlan Optimis Pertumbuhan Ekonomi di Bone Bolango Naik di Tahun 2024

Bonebol, MEDGO.ID – Plt. Bupati Bone Bolango Merlan S. Uloli mengungkapkan tahun 2023 pertumbuhan ekonomi Bone Bolango pada kisaran 4,45%. Oleh karena itu, ia menargetkan pada tahun 2024 pertumbuhan ekonomi Bone Bolango di angka 4,77 persen.

“Saya optimis target ini bisa kita lampaui dengan melihat kondisi ekonomi masyarakat yang semakin membaik,” ungkap Merlan saat menyampaikan pidato pada Rapat Paripurna DPRD dalam rangka penjelasan pengantar nota keuangan atau pembicaraan tingkat I terhadap Ranperda tentang APBD Kabupaten Bone Bolango tahun anggaran 2024, di ruang sidang DPRD, Selasa (21/11/2023).

Merlan mengatakan untuk indeks pembangunan masyarakat (IPM), bermaksud menargetkan angka 71,01.

BACA JUGA :  Penjabat Bupati Batu Bara Heri Hadiri Rakornas KPK RI

“Kalau target IPM ini bisa kita capai, maka Kabupaten Bone Bolango akan menjadi kabupaten maju,” katanya.

Untuk angka kemiskinan sendiri, tambah Merlan, menargetkan turun menjadi 14,01%, dan tingkat kemiskinan terbuka turun menjadi 3,05%. Harapannya ini akan bisa kita capai di tahun 2024 nanti.

BACA JUGA :  Penjabat Bupati Batu Bara Heri Hadiri Rakornas KPK RI

“Angka ini cukup menggambarkan bagaimana seluruh sendi-sendi perekonomian daerah mengalami gejolak yang cukup besar,” tandasnya.

Oleh karena itu, pemerintah diwajibkan untuk mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang jitu dan memberikan efek untuk memulihkan kembali perekonomian daerah, sehingga percepatan pembangunan dan pencapaian visi misi dapat dilakukan sesuai dengan target yang telah ditentukan.

BACA JUGA :  Pj. Bupati Heri Hadiri Acara Penyampaian Hasil Pemeriksaan BPK

“Capaian positif di tahun 2022 dan 2023 ini, tentunya membawa optimisme keberhasilan pemulihan ekonomi di tahun 2024,”terang Merlan Uloli.

Dikatakannya, mobilitas masyarakat yang terus meningkat menjadi modal roda perekonomian Kabupaten Bone Bolango untuk bergerak lebih progresif, meski pemulihan ekonomi terus dibayangi tantangan dan risiko global.

“Untuk itu, peran APBD sangat diperlukan agar tetap berkelanjutan dan kredibel,” tandas Plt. Bupati Merlan Uloli.