4450 Siswa Baru di Kota Gorontalo Mulai Jalani Aktivitas Sekolah

Kota Gorontalo, MEDGO.ID — Pelaksanaan program MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) bagi siswa baru dikota gorontalo mulai digelar senin, (17/07).

Dinas Pendidikan Kota Gorontalo mencatat sebanyak 4.450 siswa mulai melaksanakan aktivitas sekolah, baik jenjang SD maupun SLTP.

“Jika di totalkan, ada sebanyak 4.450 siswa baru, yang resmi diterima di seluruh lembaga pendidikan baik di tingkat SD dan SMP yang ada di Kota Gorontalo. Masing-masing jenjang pendidikan SD sebanyak 2.157 siswa baru, dan SMP sendiri sebanyak 2.293 siswa baru,” ujar Kadis Pendidikan Kota Gorontalo Lukman Kasim, Selasa (18/07).

Kredit Mobil Gorontalo

Ia menuturkan dari 4.450 siswa tersebut ada sebanyak 3.881 siswa yang lulus berdasarkan zonasi. Diantaranya jenjang pendidikan SD sebanyak 2.094 siswa baru, dan SMP mencapai 1.787 siswa baru. “Selain itu, ada juga siswa yang lulus melalui jalur prestasi. Mereka berjumlah 60 orang, pada jenjang pendidikan SMP,” Kata Lukas yang biasa disapa itu.

Lalu Lukas menjelaskan terkait proses penerimaan siswa baru di Kota Gorontalo pihaknya menggunakan sistem PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru). dari data yang masuk kata lukman, ada sebanyak 13.978 peserta didik yang berminat untuk sekolah di Kota Gorontalo.

BACA JUGA :  Lewat Jalur Independen, Bakal Calon Bupati Dan Wabup Harus Kantongi 11.147 Pendukung

“Pada proses PPDB beberapa waktu lalu, ada sebanyak 13.978 calon siswa baru yang melakukan pendaftaran. Diantaranya jenjang pendidikan SD sebanyak 6.610 calon siswa baru, dan SMP mencapai 7.368 calon siswab baru. Nah, pada proses pendaftaran tersebut setiap calon siswa diberikan tiga pilihan, dan harus memilih satu diantara tiga pilihan tersebut yakni sekolah dimana mereka dinyatakan lulus dan memenuhi syarat. Alhamdulillah semua berjalan dengan baik,” ujarnya.

BACA JUGA :  Dipeluncuran, KPU Tetapkan Suranua Jadi Maskot Pilkada Pohuwato 2024

 

tingginya animo para siswa untuk bersekolah dikota gorontalo tidak lepas dari upaya pemerintah dalam menyiapkan standard kualitas pendidikan yang makin merata disemua jenjang. sebagaimana diungkapkan Walikota Gorontalo Marten Taha bahwa setiap penerimaan siswa baru pemkot tetap memperhatikan program pemerataan pendidikan. hal itu ia maksudkan agar pada kelulusan nanti siswa akan terbagi secara merata disetiap sekolah, tinggal masing masing sekolah meningkatkan prestasi kelulusannya.

BACA JUGA :  Pemda Pohuwato Menggelar Pasar Murah Di Kecamatan Paguat

“Setiap tahun tingkat kelulusan siswa di Kota Gorontalo terus mengalami peningkatan yang signifikan, baik berdasarkan rangking dan prestasi. Ini tentunya wujud dari kesuksesan pelaksanaan PPDB di masing-masing lembaga pendidikan, baik SD dan SMP yang ada di Kota Gorontalo. Peran serta guru dan orang tua siswa juga sangat menentukan dalam melakukan pengawasan pada peserta didik. Sehingganya saya berharap MPLS harus menjadi sarana harmonisasi antara warga sekolah, siswa dan orang tua siswa. Sukses tidaknya pendidikan di Kota Gorontalo itu, juga bergatung pada kolaborasi antara warga sekolah, siswa dan orang tua siswa,” pungkasnya.