3.300 Pelari Dari Seluruh Indonesia Ikuti Purwokerto Half Marathon 2024

Banyumas, medgo.id – Pemerintah Provinsi Jateng dan Pemerintah Kabupaten Banyumas, Minggu (12/5/2024), menggelar event olahraga lari berskala nasional dengan tajuk “Purwokerto Half Marathon 2024”, diikuti oleh 3.300 pelari yang datang dari berbagai wilayah di Indonesia.

Lomba lari yang menyusuri jalanan di kota Purwokerto tersebut terbagi dalam tiga kategori yakni kategori 5 Kilometer, 10 kilometer, dan 21 kilometer, dengan start dan finis di kawasan Menara Teratai Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas.

Dalam event tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jateng, Sumarno, dan PJ Bupati Banyumas, Hanung Cahyo Saputro, juga ambil bagian dan ikut berlari bersama ribuan pelari lainnya.

Kredit Mobil Gorontalo

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jateng, Sumarno, mengutarakan bahwa Purwokerto Half Marathon, merupakan bagian dari rangkaian Jateng Sport Tourism Event (Specta) 2024.

“Event ini bertujuan untuk menggalakkan masyarakat agar gemar berolahraga, dan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke wilayah Kabupaten Banyumas sehingga mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah. Selain itu, juga sebagai sarana latihan bagi para atlet dan bertemu dengan pelari lainnya dari seluruh Indonesia”, terang Sumarno.

BACA JUGA :  Betonisasi Jalan Lingkar Kota Temanggung Habiskan Anggaran 9 Miliar Lebih

Lebih lanjut, Sumarno mengemukakan bahwa event Purwokerto Half Marathon ini, bisa jadi ajang promosi tempat-tempat wisata yang ada di Purwokerto dan sekitarnya, apalagi wisata alamnya juga luar biasa. Selain itu, sekarang ini masyarakat banyak yang menyukai wisata alam.

BACA JUGA :  HUT Dekranas dan HKG PKK 2024 Dipusatkan Di Taman Balekambang Surakarta

“Event yang diikuti oleh ribuan orang, saya yakin mampu mendongkrak ekonomi daerah dari sektor konsumsi sebab para peserta yang berasal dari luar daerah dapat dipastikan menginap, makan, dan berbelanja di Banyumas”, tandas Sumarno.

BACA JUGA :  Diah Kartika Permanasari Ambil Formulir Pendaftaran Bacalon Bupati Kendal Di DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kendal

Dengan berbelanja di Jateng, ungkap Sumarno, maka UMKM di Jateng akan berkembang dan berdampak luas.

“Harapan saya, ke depannya event-event seperti ini bisa semakin berkembang”, pungkas Sumarno.