Tahun 2024 Pemprov Jateng Akan Rekrut 4.446 CASN

Semarang, medgo.id – Tahun 2024 Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) mendapatkan kuota Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) sebanyak 4.446 orang yang terdiri dari formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak 265 orang, dan formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 4.181 orang.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jateng, Rahmah Nur Hayati, Selasa (7/5/2024).

Untuk proses rekrutmennya, Rahmah mengutarakan bahwa prosesnya masih menunggu Petunjuk Teknis (Juknis) dari Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

Kredit Mobil Gorontalo

“Dengan adanya seleksi CASN tersebut, yang diharapkan adalah dapat mempercepat kinerja Pemprov Jateng, dan adanya rekrutmen PPPK dapat sedikit menyelesaikan permasalahan tenaga non-ASN di Pemprov Jateng”, tandas Rahmah.

Lebih lanjut Rahmah menjelaskan bahwa saat ini jumlah pegawai ASN di Pemprov Jateng berjumlah 48.002 orang. Dari jumlah itu, terang Rahmah, ada sekitar 14.349 orang adalah tenaga non-ASN.

BACA JUGA :  Ada Yang Unik Dalam Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2024 Di Kabupaten Boyolali

“Sementara itu kekurangan pegawai menurut peta jabatan ada sebanyak 34.793 orang, dari kondisi ideal pegawai sebanyak 99.676 orang”, papar Rahmah.

Terkait dengan upaya penyelesaian tenaga non-ASN sesuai ketentuan UU Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), Rahmah mengutarakan bahwa Pemprov Jateng akan menerapkan sistem NIP paruh waktu dan NIP penuh waktu.

BACA JUGA :  Rumah Apung Jadi Solusi Inovatif Jangka Panjang Atasi Banjir Rob Di Wiyah Pesisir Utara Kabupaten Demak

“Dari sekitar 14 ribu orang non-ASN yang terdata, kebijakannya nanti yang lolos PPPK (rekrutmen 2024) akan mendapat NIP penuh, sisanya NIP paruh waktu. Pada masanya ada yang pensiun, nanti akan menggantikan, sehingga akan maju”, jelas Rahmah.

BACA JUGA :  Pemerintah Kabupaten Demak Jamin Biaya Premi Jamsostek JKK dan JKM Selama Setahun Bagi Puluhan Ribu Pekerja Rentan

Kepada para calon pelamar CASN, baik CPNS ataupun PPPK, Rahmah mengimbau agar meng-update informasi terkait rekrutmen CASN 2024, melalui kanal resmi BKD Jateng.

“Saya mengimbau kepada para calon pelamar rekrutmen CASN 2024, jangan percaya ada oknum yang mengaku bisa meloloskan menjadi pegawai negeri. Pemprov Jawa Tengah menyediakan hotline Whatsapp di helpdesk CASN +62812-960-0029, dan laman resmi bkd.jatengprov.go.id”, tegas Rahmah. (*17).