Sport Tourism Bike Park Kenjuran, Lintasan Sepeda Gunung Di Ketinggian 1.379 Mdpl

KENDAL, MEDGO.ID – Dusun Kenjuran, Desa Purwosari, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah adalah sebuah dusun yang berada di ketinggian 1.379 Mdpl dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Temanggung.

Berjarak 53 km dari kota Kendal, 85 km dari ibukota Provinsi Jawa Tengah, Semarang, dan hanya 38 km dari kota Temanggung.

Dusun yang berhawa sejuk dengan pemandangan alam yang memikat tersebut, masyarakatnya mayoritas bermata pencaharian sebagai petani seperti petani sayur dan tembakau.

Dalam upaya untuk pengembangan pariwisata olahraga, Bupati Kendal, Dico M. Ganinduto, meresmikan Dusun Kenjuran sebagai kawasan Sport Tourism Bike Park bertema Downhill, Minggu (3/10/2021).


Panjang lintasan sepeda gunung di Dusun Kenjuran tersebut adalah 12 Km dengan trek yang bervariasi. Selain jalan tanah juga terdapat jalan bebatuan dan aspal.
Selain bersepeda, para pesepeda juga bisa menikmati panorama alam yang indah, kawasan perkebunan cengkeh, kebun kopi dan jambu.

BACA JUGA :  Walikota Semarang Ajak Anak Muda Berinvestasi Nama

“Setelah diresmikan sebagai kawasan Sport Tourism Bike Park, saya berharap, banyak pecinta sepeda di Kendal banyak yang datang ke Kenjuran. Kami juga melihat apa saja yang perlu ditambahkan untuk lebih menunjang kawasan sport tourism”, ujar Dico.

BACA JUGA :  Walikota Semarang Ajak Anak Muda Berinvestasi Nama

Usai penandatanganan prasasti peresmian yang berada di titik awal lintasan, Bupati Kendal berkesempatan mencoba lintasan yang berupa jalanan tanah yang menurun dengan mengendarai sepeda gunung dan diikuti oleh rombongan.

 

“Saya lihat lintasannya dari awal sampai akhir sudah bagus semuanya. Yang menggembirakan adalah lintasan sepeda gunung ini sudah cukup dikenal di kalangan pecinta sepeda, tadi juga banyak pesepeda yang berasal dari wilayah semarang dan Temanggung”, kata Dico Ganinduto.

BACA JUGA :  Walikota Semarang Ajak Anak Muda Berinvestasi Nama

Agar para wisatawan mau berkunjung ke Dusun Kenjuran, imbuh Dico, memang masih memerlukan perhatian yang lebih. Infrastruktur khususnya jalan, masih memerlukan perbaikan, agar para wisatawan yang hendak menuju ke Dusun Kenjuran yang menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat bisa lebih nyaman.

“Sport Tourism Bike Park yang berada di Dusun Kenjuran ini adalah salah satu kawasan dari lima kawasan yang direncanakan oleh Pemerintah Kabupaten Kendal. Untuk lebih memperkenalkan dan menyebarluaskan kawasan Sport Tourism ini, kita juga akan membuat event”, pungkas Dico. (*).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here