Skuad Garuda Berpeluang Besar Melaju Ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023

Thailand, Medgo.ID – Timnas sepakbola Indonesia pada leg pertama laga play-off Kualifikasi Piala Asia 2023, yang digelar di Buriram Stadium, Thailand, Kamis (7/10/2021) malam, dimana Skuad Garuda bertindak selaku tuan rumah, sukses melibas China Taipe dengan skor 2-1.

Timnas Indonesia membuka gol pertama lewat sepakan Ramai Rumakik pada menit ke-15 dan gol kedua dihasilkan melalui tendangan keras Evan Dimas Darmono pada menit ke -50. Sementara itu, satu gol balasan dari China Taipe terjadi pada masa injury time.
Dengan kemenangan tersebut, ibaratnya satu kaki skuad Garuda sudah berada di babak ketiga kualifikasi.

Jika melihat permainan Skuad Garuda pada laga pertama kemarin, dimana tim besutan Shin Tae-yong itu bermain dengan semangat juang yang tinggi dan kompak sehingga mampu menguasai jalannya pertandingan, maka kesempatan menang Timnas Indonesia atas China Taipe pada laga kedua adalah bukan hal yang mustahil. Apalagi ada beberapa pemain kunci dari China Taipe terkena hukuman kartu kuning.

Memang pada menit-menit awal pertandingan, Skuad Garuda sempat mendapat tekanan berat dari China Taipe, namun setelah gol dari Ramai Rumakik, permainan Timnas mulai berkembang.


Pressing ketat, passing pendek akurat dari kaki ke kaki dalam satu dua sentuhan yang dikombinasi long pass, umpan terobosan cerdas dan kecepatan lari yang memanfaatkan lebar lapangan menyisir sisi sayap kiri maupun kanan, mampu merepotkan barisan pertahanan China Taipe dan memaksa bermain dengan taktik bertahan.

Untuk bisa lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2023, dimana leg kedua akan digelar pada Senin (11/10/2921) pukul 20.00 WIB, dimana China Taipe bertindak sebagai tuan, Timnas Garuda harus memetik kemenangan atau minimal berakhir dengan hasil seri atas China Taipe.

Dengan sistem home and away, maka selisih gol tandang kandang akan diperhitungkan untuk menentukan tim yang lolos ke babak berikutnya.
Kalah dengan skor 1-0, itu artinya Tim Indonesia harus mengubur impiannya untuk melanjutkan kiprahnya di ajang Piala Asia 2023.

Dengan agregat 2-2 (leg pertama 2-1), dimana China Taipe unggul berkat gol tandang, maka China Taipe yang lolos ke babak tiga kualifikasi. Tapi jika berakhir dengan hasil imbang berapapun skornya, maka Timnas Garuda yang akan melaju ke babak tiga.

Apabila Timnas Indonesia mampu menyingkirkan China Taipei, tidak berarti Skuad Garuda bisa langsung otomatis lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Timnas Garuda masih harus menjalani laga di babak ketiga kualifikasi.

Lalu sejauh mana peluang Timnas Indonesia untuk bisa melangkah dan maduk dalam putaran final Piala Asia 2023?
Berikut ulasannya:
Fase play-off kualifikasi Piala Asia 2023, diikuti oleh empat tim yaitu Timnas Indonesia, Chinese Taipei, Kamboja, dan Guam.
Keempat tim itu, memperebutkan dua tiket tersisa untuk maju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Untuk babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2023, akan diikuti oleh 24 tim dan sudah ada 22 tim yang memastikan diri tampil di babak ketiga.
Sisanya yang dua tim, menunggu pemenang dari pertandingan play-off, yang dimainkan Timnas Indonesia kontra China Taipe dan Kamboja melawan Guam.

Tentang 22 tim yang sudah memastikan diri tampil di babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2023 tersebut yaitu tiga tim terbawah dalam perolehan nilai diantara tim-tim runner-up kualifikasi babak kedua, kemudian tim-tim peringkat ketiga dan keempat, serta tiga tim dengan perolehan poin terbaik di antara para juru kunci grup di kualifikasi babak kedua.

Diantara 22 tim yang sudah memastikan diri tampil di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023, ada tim-tim dari Asia Tenggara yaitu Thailand, Filipina, Myanmar, Malaysia, dan Singapura.

Diketahui, Thailand dan Malaysia adalah dua tim yang berada dalam satu grup dengan Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, yang juga merupakan babak kedua dari fase kualifikasi menuju Piala Asia 2023.

Thailand dan Malaysia yang sudah memastikan diri di babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2023 ini, bukan tidak mungkin Indonesia akan berjumpa lagi dengan kedua tim itu jika berhasil lolos dari pertandingan play-off.

Babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 akan dibagi dalam enam grup, dimana juara grup dan lima runner-up terbaik yang akan lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

Jadwal play off leg kedua Timnas Indonesia vs China Taipe:
Senin (11/10/2021) pukul 20.00 WIB, di Buriram Stadium, Thailand. Akan disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi nasional Indosiar. (*).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here