Sinergisasi BDT Desa

Sofyan Wahidji

Bonebol,(MEDGO.ID)- Yang namanya penyaluran bantuan, senantiasa terus diharapkan oleh jajaran Deprov, agar bersinergi dari semua sisi dan tingkatan instansi, Kabupaten sampai ke desa/kelurahan. Karena kerap, yang menjadi tidak sesuainya peruntukan bantuan kepada masyarakat miskin, dikarenakan ketidaksesuaian dengan Basis Data Terpadu (BDT) yang diterima oleh pemerintah pusat. Yang notabene, pendataannya secara berjenjang dari desa/kelurahan.

Harapan tersebut, tidak hanya dari jajaran DPRD Bone Bolango. Namun juga, di sejumlah kunjungan kerja dan konsultasi yang dilakukan oleh para wakil rakyat ini, ke sejumlah instansi terkait di pemerintah pusat, keinginan akan penyesuaian data-data yang bersesuaian satu sama lain, turut diharapkan.

Seperti terkait program rumah layak huni (mahyani), listrik gratis, bantuan peternakan, dan sebagainya. “Karena, ketidakvalidan ini diduga, salah satunya akibat usulan-usulan dari pemerintah, yang dimulai dari desa/kelurahan. Yang tidak melalui prosesi verifikasi dan validasi data yang diharapkan.” Demikian, penjelasan dari sejumlah kementerian terkait di pemerintah pusat, yang senantiasa diterima oleh jajaran DPRD Bone Bolango, saat berkonsultasi.

Olehnya, Anggota DPRD Sofyan Wahidji berharap pemerintah pusat mengharapkan, adanya sinergitas BDT dari desa/kelurahan ini, kian lebih dibenahi, dan dikawal penyesuaiannya sampai ke tingkat pemerintah Kabupaten hingga provinsi, sebelum dimasukan ke pemerintah pusat. Yang idealnya, perlu ada musyawarah dan koordinasi yang berkelanjutan, akan kesesuaian data BDT tersebut.(Adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here