Sekwan Kota Gorontalo Ajak Masyarakat Memaknai Kurban sebagai Bentuk Keikhlasan dan Kepedulian

Kota Gorontalo, MEDGO.ID – Sekretaris Dewan Kota Gorontalo, N.R. Monoarfa, bersama masyarakat melaksanakan penyembelihan lebih dari lima ekor sapi pada Hari Raya Idul Adha, Selasa (18/06).

N.R Monoarfa menekankan pentingnya ibadah kurban sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT dan sebagai sarana untuk mempererat hubungan sosial di tengah masyarakat.

“Pelaksanaan kurban ini bukan hanya ritual keagamaan, tetapi juga sebuah panggilan untuk meneladani keikhlasan dan kesabaran Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail,” ujarnya.

BACA JUGA :  Polsek Kawasan Pelabuhan Gorontalo Sita 75 Ekor Tikus Siap Konsumsi

Ia menegaskan bahwa kurban adalah bentuk ibadah yang didasari oleh keikhlasan dan dilakukan semata-mata untuk memperoleh rida Allah.

“Berkurban bukanlah sesuatu yang luar biasa. Ini adalah bentuk pengabdian yang sederhana namun mendalam, karena kita melakukannya demi rida Allah subhanahu wa ta’ala,” jelasnya.

BACA JUGA :  Auditorium UNG Siap Jadi Titik Pengungsian Korban Banjir Gorontalo

Ia juga menggarisbawahi bahwa tujuan dari berkurban adalah untuk berbagi kepada sesama, terutama kepada mereka yang kurang mampu. “Daging dari hewan kurban ini akan dibagikan kepada fakir miskin, sehingga mereka yang jarang merasakan daging dapat menikmatinya. Ini adalah bentuk nyata dari keikhlasan dalam berbagi,” tambahnya.

Ia berharap tradisi kurban ini akan terus berkembang dan semakin banyak masyarakat yang terlibat setiap tahunnya.

BACA JUGA :  UNG Bentuk Crisis Center, Tanggapi Status Tanggap Darurat Bencana Banjir dan Longsor Gorontalo

“Kita berharap jumlah hewan kurban akan terus bertambah setiap tahun. Ini menunjukkan peningkatan kepedulian kita terhadap sesama dan kekuatan kebersamaan dalam masyarakat,” tuturnya.

Pelaksanaan kurban kali ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat Gorontalo untuk selalu memupuk rasa kebersamaan dan kepedulian sosial, terutama dalam membantu mereka yang membutuhkan. (Adv/IH)