Idul Adha 1445 H: Kota Gorontalo Sembelih 1.160 Hewan Kurban

Kota Gorontalo, MEDGO.ID – Perayaan Idul Adha 1445 Hijriah di Kota Gorontalo diwarnai dengan penyembelihan 1.160 hewan kurban, meski terdapat penurunan jumlah dibanding tahun sebelumnya. Masyarakat Kota Gorontalo, bersama dengan lembaga-lembaga pemerintah dan sektor swasta, bersatu untuk merayakan momen berbagi ini dengan penuh antusias.

Menurut Sukamto Mooduto, Plh Kabag Kesra Setda Kota Gorontalo, penyembelihan hewan kurban pada tahun ini tetap berjalan sukses dan lancar. “Alhamdulillah, penyembelihan hewan kurban di Kota Gorontalo berjalan dengan baik. Dari data yang kami terima, tercatat ada 1.160 ekor hewan kurban yang disembelih, terdiri dari 1.126 ekor sapi dan 34 ekor kambing,” jelas Sukamto.

Jumlah hewan kurban tersebut berasal dari berbagai sumber. Dari kecamatan dan kelurahan, terkumpul 1.075 ekor sapi dan 34 ekor kambing. Selain itu, Penjabat Wali Kota Gorontalo menyumbangkan 10 ekor sapi, lintas OPD Kota Gorontalo menyumbang 40 ekor sapi, dan Bank SulutGo Cabang Gorontalo turut menyumbangkan 1 ekor sapi.

BACA JUGA :  Auditorium UNG Siap Jadi Titik Pengungsian Korban Banjir Gorontalo

Meski jumlah hewan kurban tahun ini mengalami penurunan dibandingkan Idul Adha tahun lalu yang mencapai 1.218 ekor, Sukamto menyebut kenaikan harga hewan kurban sebagai salah satu faktor utama yang mempengaruhi penurunan tersebut.

Penjabat Wali Kota Gorontalo, Ismail Madjid, turut berkomentar mengenai pentingnya ibadah kurban dalam kehidupan umat Muslim. “Ibadah kurban adalah salah satu cara kita berbagi kebahagiaan dan keberkahan. Meski sunnah, pahala yang terkandung dalam ibadah ini sangat besar, seperti menghapus dosa dan mempererat hubungan sosial di masyarakat. Saya mengucapkan minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir batin kepada seluruh masyarakat Kota Gorontalo,” ujar Ismail.

BACA JUGA :  Crisis Center UNG Bagikan 1000 Makanan Siap Santap Bagi Korban Terdampak Banjir Gorontalo

Idul Adha tahun ini bukan hanya menjadi simbol ketaatan kepada Allah SWT, tetapi juga memperlihatkan semangat solidaritas dan kebersamaan umat Muslim di Kota Gorontalo. Penyembelihan hewan kurban tidak hanya menjadi ritual keagamaan, tetapi juga sarana untuk mempererat ikatan sosial dan memberikan manfaat langsung kepada mereka yang membutuhkan. (Adv/IH)