Rehabilitasi Rumah Museum Nani Wartabone, Pemprov Gorontalo Kucurkan APBD Sebesar Rp244,7 Juta

Bonebol, MEDGO.ID – Pemerintah Provinsi Gorontalo rencananya akan melakukan pekerjaan pemeliharaan/rehabilitasi Rumah Museum Nani Wartabone di Desa Bube Baru, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango.

Hal ini disampaikan langsung oleh Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer saat menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Patriotik 23 Januari 1942 ke-81 tingkat Provinsi Gorontalo tahun 2023, di halaman Kantor Bupati Bone Bolango, Senin (23/1/2023).

Hamka mengungkapkan Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Dinas Sosial mulai tahun ini akan melakukan pekerjaan pemeliharaan/rehabilitasi Rumah Museum Nani Wartabone melalui APBD tahun anggaran 2023 sebesar Rp244.730.000 atau Rp244,7 juta lebih.

Kredit Mobil Gorontalo

“Ini sebagai bentuk penghormatan yang sangat tinggi kepada Pahlawan Nasional Nani Wartabone dan pejuang kemerdekaan Gorontalo,”ungkap Hamka.

Hamka juga menambahkan di Rumah Museum Nani Wartabone pada pelaksanaan Hari Patriotik digelar pameran senjata dan pemutaran film perjuangan Nani Wartabone.“Kami ingin di tempat ini kedepan akan ada studio mini sebagai tempat pemutaran film perjuangan yang akan selalu diputar pada saat kunjungan di Rumah Museum ini,”ujar Hamka.

BACA JUGA :  Lepas 77 Jemaah Calon Haji, Bupati Saipul Menitipkan Harapan Untuk Daerah Pohuwato 

Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, menilai rencana pekerjaan pemeliharaan/rehabilitasi Rumah Museum Nani Wartabone oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo ini sangat bagus .

Menurut Bupati Bone Bolango dua periode itu Rumah Museum Nani Wartabone adalah monumen sejarah yang bisa merawat kenangan dan perjuangan masyarakat Gorontalo serta menjadi pemicu dalam merawat jiwa patriotisme.

BACA JUGA :  Kabupaten Batu Bara Gelar Kick Of Meeting Penyusunan Dokumen RAD TPB/SDGs 2022-2026

Sementara itu, Kris Wartabone mewakili ahli waris Nani Wartabone menuturkan sejak dulu pihaknya telah mengusulkan pemeliharaan/rehabilitasi Rumah Museum tersebut.

Menurut Kris yang juga Wakil Ketua I DPRD Provinsi Gorontalo itu, generasi muda sekarang membutuhkan situs sejarah peninggalan perjuangan rakyat Gorontalo yang salah satunya adalah makam dan Rumah Museum Nani Wartabone.

BACA JUGA :  Jelang Berangkat, Jemaah Calon Haji Batu Bara Ikuti Tepung Tawar

“Ini akan menjadi spirit untuk generasi berikutnya dalam menjaga dan membangun Gorontalo serta menjaga kelestariannya,”ujar Kris Wartabone yang juga cucu dari Pahlawan Nasional Nani Wartabone itu. (Adv/IH)